Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer pembelajaran dasar digital pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika di SMKN 2 Surabaya. Kelayakan pada penelitian ini ditinjau dari tingkat kevalidan media pembelajaran, kepraktisan media pembelajaran ditinjau dari respon guru dan respon siswa, dan keefektifan media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah ADDIE (Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi)). Trainer pembelajaran dasar digital dan experiment sheet yang dibuat, divalidasi oleh dua dosen ahli dan satu guru ahli, yang kemudian diuji cobakan pada 31 siswa kelas XI TAV SMKN 2 Surabaya. Hasil penelitian pada tingkat validitas menunjukkan media trainer pembelajaran dasar digital ini memiliki rata-rata hasil validasi media sebesar 92,22% yang dikategorikan sangat valid dan layak untuk digunakan. Hasil penelitian pada tingkat kepraktisan media trainer pembelajaran dasar digital, menunjukkan nilai rata-rata respon guru sebesar 91,5% dan pada respon siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 94,34% yang dikategorikan sangat praktis. Hasil penelitian pada tingkat keefektifan dengan komposisi: bobot nilai afektif sebesar 10%, bobot ranah kognitif sebesar 30% dan bobot ranah psikomotor sebesar 60%. Berdasarkan hasil analisis SPSS Tabel 4.11 pada output pertama one sample statistic dapat dilihat rata-rata hasil akhir siswa adalah 87,73. Hasil tersebut melebihi dari nilai KKM (KKM=75). Pada tabel 4.12. hasil akhir dari uji coba pemakaian produk didapatkan nilai thitung sebesar 19,852 dengan df adalah 30 dan memperoleh signifikansi 0,000. Dari thitung sebesar 19,852 dengan df = 30 diperoleh ttabel= 1,696. Maka didapatkan nilai thitung sebesar 19,852 > ttabel= 1,696 dengan taraf kesalahan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1 yang artinya nilai rata-rata hasil belajar peserta didik lebih besar atau lebih besar sama dengan KKM.
Karena media trainer pembelajaran dasar digital yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif maka dapat disimpulkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Trainer Pembelajaran Dasar Digital, Validitas, Kepraktisan, Efektifitas.
Abstract
This learning aims to produce learning media in the form of digital basic learning trainers in learning the application of electronics in SMKN 2 Surabaya. The feasibility of this research is evaluated from the validity level of instructional media, practical learning media are reviewed from the teacher's response and student responses, and the effectiveness of instructional media in terms of student learning outcomes. The method used is ADDIE (Analysis), Design (design), Development (Development), Implementation (Implementation), Evaluation (Evaluation). The digital basic learning trainer and the experimental sheet were made, validated by two expert teachers and one expert teacher, who then competed on 31 students of class XI TAV SMKN 2 Surabaya. The results of the study at the level of validity which shows the learning media Basic digital lessons have an average results of media validation of 92.22% which are categorized as very valid and suitable for use. The results of the study at the practicality level of the media trainer of digital basic learning, the assessment of the average value of the teacher's response was 91.5% and the students' response got an average score of 94.34% which was categorized very practical. The results of the study at the level of effectiveness with composition: the weight of the affective value of 10%, the weight of the cognitive domain by 30% and the weight of the psychomotor domain by 60%. Based on the results of the SPSS analysis Table 4.11 in the first output of one statistical sample can be seen the average student final outcome is 87.73. These results exceed the KKM value (KKM = 75). In table 4.12. the final result of the product trial was obtained a tcount of 19, 852 with df of 30 and a significance of 0,000 was obtained. Of tcount totaling 19,852 with df = 30 obtained ttable = 1,696. Then the calculated value of 19. 852 > t table = 1.696 with an error level of 0.05. Thus it can be denied that H0 is rejected and H1 is accepted which means the average value of student learning outcomes is greater or greater than the KKM.
Because the digital basic learning trainer media developed is very valid, very practical and effective, it can be developed very feasible to use in learning.
Keywords: Learning Media, Basic Digital Learning Trainer, Validity, Practicality,Effectiveness.