PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI CAFÉ “ TOKO KOPI BERSAUDARA”
THE EFFECT OF PRODUCT QUALITY, SERVICE QUALITY, AND PRICE PERCEPTION ON CUSTOMER LOYALTY AT CAFE “TOKO KOPI BERSAUDARA”
Nama : Zuhrotul Khanifatun Nisa’
NIM : 17050394067
Program Studi : Pendidikan Tata Boga
Jurusan : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Fakultas : Teknik
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Ir. Asrul Bahar, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di Toko Kopi Bersaudara, (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Toko Kopi Bersaudara, (3) pengaruh persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan di Toko Kopi Bersaudara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi pelanggan di Toko Kopi Bersaudara. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan metode pengumpulan data survey dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linier berganda yang diolah dengan software SPSS. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, dan persepsi harga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Toko Kopi Bersaudara sebesar 66,9% dan 33,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak masuk dalam model. Kualitas pelayanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di Toko Kopi Bersaudara yaitu sebesar 55,3%.
Kata kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Loyalitas Pelanggan
ABSTRACT
Nama : Zuhrotul Khanifatun Nisa'
Study Program : Bachelor’s Degree in Culinary Education
Department : Family Welfare Education
Faculty : Faculty of Engineering
Institution Name : State University of Surabaya
Supervisor : Dr. Ir. Asrul Bahar, M.Pd.
This study aims to find out: (1) the effect of product quality on customer loyalty at the Brothers Coffee Shop, (2) the effect of service quality on customer loyalty at the Toko Kopi Beraudara, (3) the effect of price perception on customer loyalty at the Toko Kopi Beraudara. This study is a quantitative descriptive research with the customer population at the Toko Kopi Bersaudara. The sample was taken as many as 100 people by the survey data collection method using a questionnaire as a research instrument. The data analysis in this study uses a multiple linear regression technique processed with SPSS software. From the results of this study, it shows that the variables of product quality, service quality, and price perception have a positive and significant influence on customer loyalty at Toko Kopi Bersaudara by 66.9% and 33.1% influenced by variables that are not included in the model. Service quality is the most dominant variable affecting customer loyalty at the Toko Kopi Bersaudara, which is 55.3%.
Keywords : Product Quality, Service Quality, Price Perception, Customer Loyalty