PENGEMBANGAN MEDIA CLEVER SPIN UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF VOKAL DAN HURUF KONSONAN DENGAN METODE SAS PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF CLEVER SPIN MEDIA FOR LEARNING RECOGNIZING VOWEL LETTERS AND CONSONANT LETTERS WITH SAS METHOD FOR GRADE 1 ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Nama : Valina
NIM : 19010644017
Program Studi/Jurusan : S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Hendratno, M. Hum
Penelitian ini mengembangkan pengembangan media clever spin untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar yang dilatarbelakangi karena belum adanya pengembangan media interaktif yang dioperasionalkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga sangat diperlukan adanya pengembangan media serta metode pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar Bahasa Indonesia pada materi pengenalan huruf vokal dan huruf konsonan kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan media clever spin bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan media, kepraktisan media, dan keefektifan media yang akan dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan pendekatan ADDIE dan terdiri dari lima tahapan yaitu; analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tingkat kevalidan media dapat diketahui dari hasil uji validasi ahli media dengan kriteria sangat valid sebesar 98%, dan hasil validasi ahli materi memperoleh hasil sebesar 90% dengan kriteria sangat valid. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan dari media dilakukan melalui angket respon guru diperoleh hasil 83,33% sedangkan angket respon siswa diperoleh hasil sebesar 88% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media didapatkan hasil dari uji coba pre-test serta post-test yang telah diuji cobakan pada 28 siswa kelas 1 Sekolah Dasar dengan rumus N-gain diperoleh nilai 0,5 kriteria sedang dan jika ke bentuk persentase diperoleh nilai >76% dengan kriteria efektif yang berdasarkan hasil nilai sebelum dan setelah menggunakan media. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran clever spin dengan metode SAS dapat dikatakan valid, praktis serta efektif untuk diterapkan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran pengenalan huruf.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Clever Spin, Mengenal Huruf, Metode SAS, Sekolah Dasar
Name : Valina
Program / Departement : S1 Primary Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
University : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Hendratno, M.Hum
This research has proposed the clever spin for students in the first grade of the Basic School, which has not yet been developed due to a lack of interactive development that is operational in the learning of Indonesian language, so it is very important to have development and learning methods to create a pleasant learning environment for students when studying the language of Indonesia on the material of recognition of vocal letters and consonant letters of 1st grade of the Basic Sch. The purpose of clever spin research is to determine the validity, applicability, and efficacy of the proposed system. This research covers the ADDIE approach-based style of research and development, which has five stages: analysis, planning, development, implementation, and evaluation. With a validation indicators of 98%, the results of the validation test can be used to determine the validity level, and the results of the material validation yield a result of 90%. Through the response lift, it was determined that teachers' practicality level scored 83.33%, while students' response lift scored 88% under practical criteria. In contrast, using the formula N-gain to calculate the results of the pre- and post-tests administered to 28 students in class 1 of an elementary school yields a value of 0.5 with medium criteria and, if expressed as a percentage, a value of >76% with effective criteria based on the comparison of the values obtained before and after use. Based on the results obtained, it can be stated that teaching clever spin using the SAS approach is legitimate, doable, and efficient enough to be used with 1st Graduate School students who struggle with letter recognition.
Keywords: Development, Clever Spin Media, Letter Recognition, SAS Method, Elementary School