ANALISIS PERBAIKAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI GOBIS (SUROBOYO BUS) MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING
ANALYSIS OF USER INTERFACE AND USER EXPERIENCE IMPROVEMENT ON GOBIS APPLICATION (SUROBOYO BUS) USING DESIGN THINKING METHOD
Aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) merupakan sebuah aplikasi layanan transportasi publik yang memuat informasi tentang tracking rute yang dilengkapi dengan petunjuk peta digital secara real time yang mana dapat memperkirakan kedatangan bus di halte serta memuat informasi lain yakni e-ticketing bus AKDP dan AKAP. Aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu pengguna android di Indonesia. Namun, tetap ditemukan beberapa keluhan pengguna pada halaman ulasan di Play Store yang mengakibatkan rating pada playstore rendah yakni dengan rata-rata sebesar 4,2 dari 5. Pada hasil wawancara yang telah dilakukan kepada 10 orang pengguna aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) dengan latar belakang yang berbeda (Mahasiswa, Pelajar SMA, Ibu rumah tangga, dan Pegawai swasta) menghasilkan bahwa aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) memiliki beberapa permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna antara lain: tampilan kurang mengikuti trend masa kini, pemilihan warna, ukuran, ilustrasi yang kurang sesuai, kurangnya konsistensi ukuran pada tulisan, pop-up yang terus muncul sehingga sangat mengganggu, halaman registrasi dan masuk yang membingungkan, serta tidak adanya opsi “hide” pada kolom kata sandi pada saat daftar dan masuk aplikasi sehingga keamanan privasi pengguna kurang terjaga. Kemudian berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan analisis desain perbaikan menggunakan metode Design Thinking yang dapat membantu untuk lebih mendalami dan memahami serta menciptakan rasa empati terhadap pengguna yang dituju. Metode Design Thinking memiliki 5 tahapan yakni Empathize, Define, Ideate, dan Testing. Pada tahap Testing, dilakukan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode SUS adalah metode pengujian usability secara efektif dan efisien. Pada hasil pengujian aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) dengan desain perbaikan mendapatkan mendapatkan skor rata-rata SUS sebesar 69,725. Sehingga masuk ke dalam kategori Marginal, tingkat acceptability yang dapat diterima, Adjective range masuk ke dalam kategori OK, dengan Grade Scale C, dan Net Promoter Score (NPS) Passive. Setelah dilakukan tampilan desain perbaikan aplikasi GOBIS (Suroboyo Bus) menggunakan metode Design Thinking mendapatkan hasil skor yang baik, dapat diterima pengguna, dan layak digunakan karena mendapatkan skor System Usability Scale (SUS) yang cukup tinggi dengan menggunakan tampilan desain perbaikan User Interface dan User Experience yang baru.
Kata Kunci : User Interface, User Experience, System Usability Scale, Design Thinking, GOBIS
GOBIS (Suroboyo Bus) application is a public transportation service application that provides information on route tracking equipped with real-time digital map guidance, which can estimate the arrival of buses at stops and also provides information on AKDP and AKAP bus e-ticketing. The GOBIS (Suroboyo Bus) application has been downloaded by more than 100 thousand android users in Indonesia. However, there are still several user complaints found on the review page on the Play Store, resulting in a low rating on the Play Store, with an average of 4.2 out of 5. Results from interviews conducted with 10 users of the GOBIS (Suroboyo Bus) application with different backgrounds (students, high school students, housewives, and employees) revealed several issues complained about by users, including: the interface doesn't follow current trends, color selection, size, illustrations that are not suitable, lack of consistency in font sizes, continuous pop-ups that are very disturbing, confusing registration and login pages, and the absence of a "hide" option in the password column during registration and login, resulting in insufficient user privacy security.
Based on these issues, an analysis of design improvements was carried out using the Design Thinking method, which can help delve deeper into understanding and creating empathy towards the target users. The Design Thinking method consists of 5 stages: Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Testing. In the Testing stage, the System Usability Scale (SUS) method was used. SUS is an effective and efficient usability testing method. The test results of the GOBIS (Suroboyo Bus) application with design improvements produced an average SUS score of 69.725. So, it is included in the Marginal category, with an acceptable level of acceptability. The Adjective Range is in the OK category, with a Class C Scale, and a Passive Net Promoter Score (NPS). After implementing the design improvements using the Design Thinking method, the GOBIS (Suroboyo Bus) application achieved good scores, deemed acceptable by users, and worthy of use because it obtained a sufficiently high System Usability Scale (SUS) score with the new User Interface and User Experience design improvements.
Keywords : User Interface, User Experience, System Usability Scale, Design Thinking, GOBIS