Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Menengah
Artikel ilmiah ini ditulis dengan tujuan menganalisis dan mempelajari mengenai kepemimpinan situasional dalam pengembangan sumber daya manusia pada pendidikan menengah. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ilmiah ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian pustaka atau kajian literatur. Kajian pustaka dilakukan dengan cara menelaah beberapa artikel nasional dan internasional sehingga memperoleh data yang kemudian dilakukan analisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari artikel ini adalah bahwa sumber daya manusia di sekolah mampu berhasil guna serta berdaya guna apabila telah dikelola dengan baik oleh kepala sekolah. Terdapat 4 (empat) gaya dasar yang terkait dengan teori kepemimpinan situasional yakni telling, selling, participating, dan delegating. Dari gaya dasar tersebut dapat digunakan sebagai upaya dalam pengembangan sumber daya manusia antara lain melalui pembinaan kinerja, pembinaan karir, dan pembinaan kesejahteraan. Terdapat beberapa faktor keberhasilan dan faktor penghambat yang dialami kepala sekolah dalam pengembangan sumber daya manusia pada pendidikan menengah.
Kata Kunci: Kepemimpinan Situasional, Pengembangan Sumber Daya Manusia
This scientific article was written with the aim of analyzing and studying situational leadership in human resource development in secondary education. The research method used in this scientific article uses a qualitative approach to the type of literature review or literature review. The literature review was carried out by reviewing several national and international articles so as to obtain data which was then analyzed using content analysis techniques. The result of this article is that human resources in schools can be effective and efficient if they have been managed properly by the principal. There are 4 (four) basic styles related to situational leadership theory, namely telling, selling, participating, and delegating. From this basic style, it can be used as an effort in developing human resources, among others, through performance coaching, career development, and welfare development. There are several success factors and inhibiting factors experienced by school principals in developing human resources in secondary education.
Keywords: Situational Leadership, Human Resource Development