Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi fisika setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain penelitian One-Grup Pre-Test Post-Test. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4, 5 dan 6 di SMA Negeri 2 Kota Mojokerto Tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal uraian, observasi, dan angket. Data dari penelitian ini yaitu hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan uji t-berpasangan untuk mengetahui kemampuan literasi fisika siswa dan analisis n-gain untuk mengetahui level peningkatan literasi fisika siswa, kemudian dilakukan uji anava untuk mengetahui rerata hasil n-gain ketiga kelas, dan analisis angket respon siswa. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa (i) keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan dengan nilai kinerja pada pertemuan 1 dan 2 kelas XI MIPA 4 sebesar 3,38 dan 3,08, XI MIPA 5 sebesar 3,38 dan 3,46. XI MIPA 6 sebesar 3,31 dan 3,38 dengan keterangan baik. (ii) hasil peningkatan literasi fisika meningkat secara signifikan pada kelas XI MIPA 4, 5, dan 6 berturut-turut 0,73 dengan kategori tinggi, 0,61, dan 0,55 dengan kategori sedang. Rerata n-gain di semua kelas tidak berbeda secara signifikan. (iii) Respon siswa sangat baik terhadap pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL dengan skor rata-rata pada kelas XI MIPA 4, 5 dan 6 berturut-turut adalah 87%, 89%, dan 89%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan CTL mampu meningkatkan literasi fisika siswa
Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, CTL, Literasi Fisika
This study aims to describe the ability of physics literacy after applying the guided inquiry learning model with the CTL approach. The type of this research is Pre Experimental with One-Group Pre-Test Post-Test research design. The subjects of this study were students of grade XI MIPA 4, 5 and 6 in SMA Negeri 2 Mojokerto in the academic year 2019/2020. Data collection techniques using instruments in the form of a matter of description, observation, and questionnaires. Data from this study are the results of pre-test and post-test which were analyzed by paired t-test to determine the ability of students' physical literacy and n-gain analysis to determine the increase in student's physical literacy, then anava test was performed to determine the average n-gain results of the third class, and student response questionnaire analysis. From this study it was found that (i) the implementation of guided inquiry learning approach with the performance value at the 1st and 2nd meetings of the XI MIPA 4 class was 3.38 and 3.08, XI MIPA 5 was 3.38 and 3.46. XI MIPA 6 is 3,31 and 3,38 with good information. (ii) the results of increased physical literacy increased significantly in grade XI MIPA 4, 5, and 6 respectively 0.73 with the high category, 0.61, and 0.55 with the medium category. Mean n-gain in all classes did not differ significantly. (iii) Very good student responses to guided inquiry learning with the CTL approach with an average score in the Mathematics and Natural Sciences class 4, 5 and 6, respectively 87%, 89%, and 89%. Based on the results of the study, it can be concluded that guided inquiry learning with the CTL approach can improve student physics literacy
Keywords: Guided Inquiry, CTL, Physics Literacy