Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah pembelajaran PPKn kurang menarik lebih bersifat monoton membuat siswa kesulitan belajar, pelanggaran norma yang dilakukan oleh siswa, seperti: membawa handphone sehingga dipilihlah materi norma dan keadilan untuk dijadikan materi dalam media pembelajaran (diharapkan dapat meminimalisir pelanggaran norma yang dilakukan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari), materi norma memiliki peran untuk pembentukan karakter siswa dalam mengubah nilai sikap dapat mengintegrasikan siswa untuk berkonstribusi pada norma-norma yang ada dalam masyarakat. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia HTML5 pada materi norma dan keadilan kelas VII dipilih untuk mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi serta dapat mengoptimalkan fasilitas sekolah, diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada, sehingga didapatkan rumusan masalah sebagai berikut bagaimana kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia HTML5 pada Materi Norma dan Keadilan Kelas VII di MTS Negeri 1 Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia HTML5 pada Materi Norma dan Keadilan Kelas VII di MTS Negeri 1 Kediri.
Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini didasarkan pada teori kerucut pengalaman Dale. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk melalui tujuh tahap yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. R&D dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap ujicoba media pembelajaran dan revisi produk, penilaiaan media pembelajaraan yang digunakan adalah validaasi media pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media, respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran berbasis multimedia HTML5 pada materi norma dan keadilan kelas VII di MTs Negeri 1 Kediri yang dikembangkan dinyatakan layak dengan skor keseluruhan 3,47, diperoleh dari skor ahli materi 3,88 dan skor ahli media 3,06, respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia HTML5 pada materi norma dan keadilan kelas VII di MTs Negeri 1 Kediri menunjukkan bahwa media sangat layak dengan persentae respon positif sebesar 89,7 %.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia HTML5
This research is motivated by the problem of learning that Pancasila and civic education is less interesting and is more monotonous, making students learning difficulties, violations of norms committed by students, such as: carrying a cellphone so that norm and justice material is chosen to be used as material in learning media (expected to minimize violations of norms committed by students in everyday life), the norm material has a role for the formation of student character in changing the value of attitude can integrate students to contribute to the norms that exist in society. The development of HTML5-based multimedia learning media on norms and fairness class VII material was chosen to follow the development of science and technology and can optimize school facilities, is expected to overcome existing problems, so that the following problem formulation is obtained as to how feasibility of HTML5-based Multimedia Learning Media on Norms and Material Justice for Class VII in MTS Negeri 1 Kediri. This study aims to describe the feasibility of HTML5-Based Multimedia Learning Media on Norms and Justice Class VII Material in MTS Negeri 1 Kediri.
The development of instructional media in this study was based on the cone theory of Dale's experience. The research method used is Research and Development (R&D) which is used to produce products and test the effectiveness of the product through seven stages, namely (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5) design improvements, (6) product trials, (7) product revisions. R&D in this study only reached the stage of testing the learning media and product revision, the assessment of learning media used was the validation of instructional media by material experts and media experts, student responses after using learning media.
The results showed that the validation of HTML5 multimedia-based learning media on norm and fairness grade VII material in MTs Negeri 1 Kediri developed was declared feasible with an overall score of 3.47, obtained from the material expert score of 3.88 and the media expert score of 3.06, the response students after using HTML5-based multimedia learning media on norms and fairness class VII material at MTs Negeri 1 Kediri showed that the media was very feasible with a positive response percentage of 89.7%.
Keywords: Learning Media, HTML5 Multimedia