Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat software e-career sebagai media bagi siswa untuk mengetahui tipe kepribadian atau tipe karir yang akan mempermudah merencanakan karirnya yang memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan serta modernisasi media untuk layanan bimbingan dan konseling karir di sekolah. Pengembangan software e-career ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan model pengembangan Borg & Gall, yang mencakup (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji validasi ahli dan calon pengguna, (5) revisi produk,. Selanjutnya hasil pengumpulan data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis akseptabilitas software e-career oleh ahli media menunjukkan kriteria penilaian sangat baik tidak perlu revisi (90,1%). Penilaian oleh ahli materi menunjukkan kriteria sangat baik tidak perlu revisi (81,25%) dan hasil akseptabilitas produk oleh calon pengguna siswa dan guru BK menunjuukkan kriteria sangat baik tidak perlu revisi (95,83%) dan (96,87%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan software e-career sebagai media bagi siswa untuk mengetahui tipe kepribadian atau tipe karir yang akan mempermudah merencanakan karirnya ini telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang baik, sehingga software e-career ini layak sebagai media bagi siswa untuk mengetahui tipe kepribadian atau tipe karir yang akan mempermudah merencanakan karirnya.
Kata Kunci : pengembangan software, perencanaan karir
This study aims to develop an e-career software tool as a medium for students to find out the type of personality or type of career that will make it easier to plan their careers that meet acceptability criteria covering aspects of usability, appropriateness, accuracy and propriety and modernization of media for career guidance and counseling service at school. The development of e-career software is done by adapting the Borg & Gall development model stage, which includes (1) preliminary study, (2) planning, (3) initial product development, (4) expert and prospective validation test, 5) product revisions,. Furthermore, the data collection results are analyzed quantitatively and qualitatively. The result of e-career software acceptability analysis by the media expert indicates that the criteria of assessment is very good no need revision (90,1%). Assessment by material expert showed very good criteria no need revision (81,25%) and result of acceptability of product by prospective student and guidance and counseling teacher indicate excellent criteria no need revision (95,83%) and (96,87%). So it can be concluded that the development of e-career software as a medium for student to find out the type of personality or type of career that will make it easier to plan their career has met the criteria of good acceptability so that e-career software is feasible as a medium for student to find out the type of personality or type of career that will make it easier to plan their career.
Keywords: software development, career planning