ABSTRAK
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL GUIDED DISCOVERY PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKS berbasis guided discovery pada materi Hukum Newton untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang dikembangkan. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. Rancangan penelitian menggunakan model 4-D yang sampai pada tahap pengembangan. LKS dinyatakan layak apabila validitas memperoleh modus ≥3, kepraktisan, dan keefektifan memperoleh persentase rata-rata ≥61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi diperoleh modus sebesar 4 dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan siswa yang ditinjau dari aktivitas siswa diperoleh persetase rata-rata sebesar 86% dengan kategori sangat baik. Hasil keefektifan LKS yang ditinjau dari hasil belajar yang mengalami peningkatan skor dari 44,22 saat pretest menjadi 85,33 saat posttest serta hasil perhitungan N-gain yang menunjukkan peningkatan sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar keterampilan diperoleh rata-rata sebesar 86,25 serta respon siswa yang memperoleh respon positif sebesar 94%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis guided discovery yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak dengan diperolehnya hasil validasi yang besar, peningkatan hasil belajar, serta respon positif siswa.
Kata kunci : LKS, guided discovery, hasil belajar, Hukum Newton
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET (LKS) BASED ON MODEL GUIDED DISCOVERY ON NEWTON LAW MATERIAL TO IMPROVE STUDENT STUDY RESULT
This study is to describe the properness according to validity, practicality and effectiveness of student’s worksheet (LKS) based on guided discovery on Newton law material to improve student study result that is developed. The subject of this study is students of SMP Negeri 21 Surabaya. The program of this study uses 4-D model that goes to development step. Student's worksheet (LKS) is stated as proper worksheet if the validity gets modus ≥3, practicality and the effectiveness gets presentage in the average of ≥61%. The result of this study shows that validity result is resulted modus in the total of 4 with very proper category. The student's practicality result that is observed by student's activity gets precentage in the average of 86% with very good category. The effectiveness result of LKS that is observed by student's study result has improvement score from 44,22 on pretest till85,33 on posttest along with N-gain result measurement that shows improvement in the amount of 0,73 with high category.Whereas student's skill study gets average in the amount of 86,25 along with student's response that gets positive response in 94%. The Observation result shows that student's worksheet (LKS) based on developed guided discovery can be stated as highproper worksheet along with the high result of validity, study result improvement and student's positive response.
Keywords : Student's Worksheet (LKS), guided discovery, study result