THE EFFECT OF YOUTUBE DIGITAL STORYTELLING ON THE HISTORICAL LITERACY STUDENTS IN SMA NEGERI 1 TAMAN
Penelitian ini membahas tentang pengaruh media youtube digital storytelling terhadap kemampuan literasi sejarah peserta didik yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Taman. Penelitian dengan metode kuantitatif ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media youtube digital storytelling, angket penggunaan media youtube digital storytelling, dan lembar tes kemampuan literasi sejarah. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling pendekatan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini dibuktikan dengan statistik uji T dan uji beda Mann Whitney didapatkan hasil perhitungan signifikansi perolehan 2-ekor adalah 0,0015 < 0,05 dan nilai thitung -2,00904 > ttabel 2,00856 perolehan hasil tersebut mengintepretasikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.
Penelitian ini juga membuktikan besaran pengaruh yang diberikan media youtube digital storytelling terhadap literasi sejarah melalui uji N-Gain pada pre-test dan post-test. pada uji N-Gain peserta didik kelas eksperimen memperoleh rata-rata N-Gain sebesar 57,8% termasuk kedalam kategori cukup efektif, sedangkan pada kelaaas kontrol perolehan nilai rata-rata N-Gain sebesar -50,5% termasuk kedalam kategoru tidak efektif. Pada penelitan ini dapat ditarik kesimpulan media youtube digital storytelling memiliki pengaruh dan cukup efektif digunakan pada kegiatan literasi sejarah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Taman.
Kata Kunci: Peserta didik, media pembelajaran, literasi sejarah
This research discusses about the effect of YouTube digital storytelling media on students historical literacy skills conducted in class X SMA Negeri 1 Taman. This quantitative research method uses a quasi-experimental approach with a nonequivalent control group design. Data collection techniques in this study included observation sheets on the implementation of learning using YouTube digital storytelling media, sheets on using YouTube digital storytelling media, and historical literacy ability test sheets. The sampling technique used is non-probability sampling purposive sampling approach. The results of this study are proven by the statistical T test and Mann Whitney different test, the results obtained from the calculation of the significance of the acquisition of 2-tails are 0.0015 <0.05 and the tcount is -2.00904 > ttable 2.00856.
This study also proves the magnitude of the influence exerted by YouTube digital storytelling media on historical literacy through the N-Gain test in the pre-test and post-test. In the N-Gain test, students in the experimental class obtained an average N-Gain percent of 57.8% included in the quite effective category, while in the control class the average N-Gain percent score was -50.5% included in the ineffective category. In this study, it can be concluded that YouTube digital storytelling media has influence and is quite effective in being used in historical literacy activities for class X students of SMA Negeri 1 Taman.
Keywords: Student’s, Learning Media, Historical Literacy.