Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ikatan Kimia
Development of Web-Based Interactive E-Modules to Improve Learning Outcomes on Chemical Bonding Materials
Ikatan kimia merupakan salah satu materi pada pembelajaran kimia di Sekolah Menengah Atas (SMA). Ikatan kimia termasuk dalam materi penting karena banyak dijadikan prasyarat untuk mempelajari materi-materi kimia selanjutnya. Pada faktanya, menurut data hasil prapenelitian di salah satu sekolah di wilayah Gresik mengungkapkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi ikatan kimia tergolong rendah. Selain itu, data prapenelitian yang dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Atas di wilayah Surabaya yaitu hasil wawancara dengan salah satu guru kimia menyatakan bahwa materi ikatan kimia tergolong materi yang sulit, oleh karena itu dibutuhkan bahan ajar yang dapat dikerjakan secara mandiri oleh peserta didik tanpa terbatas tempat dan waktu, salah satunya adalah e-modul interaktif pada materi ikatan kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan e-modul ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Metode pengumpulan datanya adalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk mendapatkan validitas adalah dengan mencari modus pada setiap indikator, teknik analisis data untuk mengukur kepraktisannya menggunakan analisis deskriptif, sedangkan teknik analisis data untuk mengukur keefektifannya adalah dengan uji N-gain dan ketuntasan klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa 11 indikator pada validitas isi dan 18 indikator pada validitas konstruk memperoleh modus>3 yang artinya valid, kepraktisan e-modul ditinjau dari angket respon memperoleh rata-rata persentase sebesar 97%, sedangkan hasil nilai pretest posttest 33,3% mendapatkan kategori N-gain sedang dan 66,7% mendapatkan kategori N-gain tinggi, sedangkan persentase ketuntasan klasikalnya adalah sebesar 81,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan berkategori layak.
Kata Kunci: e-modul, website, hasil belajar
Chemical bonding is one of the materials in chemistry learning in Senior High School. Chemical bonds are included in important material because many are used as prerequisites for learning further chemical materials. In fact, according to pre-research data in one of the schools in the Gresik area revealed that the learning outcomes of students on chemical bonding material were low. In addition, pre-research data conducted at one of the high schools in the Surabaya area, namely the results of an interview with one of the chemistry teachers, stated that chemical bond material is classified as difficult material, therefore teaching materials are needed that can be done independently by students without being limited to place and time, one of which is an interactive e-module on chemical bond material. The purpose of this study is to describe the feasibility of e-modules in terms of validity, practicality, and effectiveness.
This study uses the type of research and development (RnD) using the ADDIE model (analyze, design, develop, implement, evaluate). The data collection methods are questionnaires and tests. The data analysis technique to obtain validity is to find the mode on each indicator, the data analysis technique to measure its practicality uses descriptive analysis, while the data analysis technique to measure its effectiveness is the N-gain test and classical completeness.
The results showed that 11 indicators on content validity and 18 indicators on construct validity obtained a mode> 3 which means valid, the practicality of e-modules in terms of response questionnaires obtained an average percentage of 97%, while the results of the pretest posttest scores 33.3% got a medium N-gain category and 66.7% got a high N-gain category, while the percentage of classical completeness was 81.5%. These results indicate that the e-module developed is categorized as feasible.
Keywords: e-module, website, learning outcomes