HUBUNGAN KOMPETENSI TIK GURU TERHADAP KEMAMPUAN
LITERASI DIGITAL ANAK DI PAUD SURABAYA
THE RELATIONSHIP BETWEEN TEACHER'S ICT COMPETENCE AND
CHILDREN'S DIGITAL LITERACY SKILLS IN KINDERGARTEN SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan
kompetensi TIK guru terhadap kemampuan literasi digital anak di PAUD
Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru PAUD
yang mengajar anak usia 3-6 tahun yang berjumlah 98 guru. Data dianalisis
dengan penggunaan SPSS 29 untuk pengujian persyaratan analisis,
inferensial dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat
korelasi dan pengaruh positif kompetensi TIK guru terhadap kemampuan
literasi digital anak di PAUD Kota Surabaya. Hal ini ditunjukkan dengan
nilai Sig < 0,05. Hasil uji korelasi dan regresi pada penelitian tersebut adalah
0,001 < 0,05. Hasil persamaan regresi pada penelitian menginterpretasikan
bahwa jika variabel kompetensi TIK guru meningkat sebesar 1%, maka
akan terjadi peningkatan pula pada variabel kemampuan literasi digital
anak PAUD sebesar 0,800. Hal ini membuktikan bahwa penting bagi guru
untuk meningkatkan kompetensi TIK untuk memaksimalkan kemampuan
literasi digital anak usia dini.
Kata Kunci: Kompetensi TIK, Kemampuan, Literasi Digital, Anak,
Pendidikan Anak Usia Dini.
This study aims to determine the relationship between teacher ICT
competence and children's digital literacy skills in early childhood education
Surabaya City. This research is a type of survey research with a quantitative
approach. The data collection technique used was a questionnaire. The sample used
in this study was early childhood education teachers who teach children aged 3-6
years, totaling 98 teachers. Data were analyzed using SPSS 29 for testing
analytical requirements, inferential and hypothesis testing.
Based on the results of this study, it can be concluded that there is a
correlation and positive influence of teachers' ICT competence on children's digital
literacy skills in early childhood education Surabaya City. This is indicated by the
Sig value <0.05. The correlation and regression test results in the study were 0.001
<0.05. The results of the regression equation in this study interpret that if the
teacher's ICT competency variable increases by 1%, there will also be an increase
in the digital literacy ability variable of early childhood education children by 0.800.
This proves that it is important for teachers to improve ICT competencies to
maximize early childhood digital literacy skills.
Keywords: ICT Competence, Ability, Digital Literacy, Children, early childhood
education