Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berdasar masalah dengan pendekatan saintifik pada materi segiempat kelas VII SMP yang baik; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berdasar masalah pendekatan saintifik pada materi segiempat kelas VII SMP.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan yang bertujuan mengembangkan perangkat mengikuti rancangan model 4-D dilanjutkan dengan tahap eksperimen dengan menggunakan perangkat yang berkualitas baik yang telah dikembangkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas baik karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Aspek kevalidan terpenuhi karena hasil validasi mendapatkan skor minimal 3 untuk setiap aspek dan THB memenuhi kriteria valid, reliable, dan sensitive. Aspek kepraktisan terpenuhi karena aktivitas guru dalam proses pembelajaran mendapatkan skor minimal 3 dan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Aspek keefektifan terpenuhi karena respon siswa terhadap perangkat pembelajaran mencapai 92,14% serta ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 83%.
Pembelajaran berdasar masalah dengan pendekatan saintifik pada materi segiempat kelas VII SMP menunjukkan capaian efektif. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas guru dalam proses pembelajaran mendapatkan skor minimal 3 untuk setiap aspek penilaian, siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, respon positif siswa terhadap pembelajaran mencapai 93,69% dan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 89%.
This study aims to: (1) describe of process and results in the development of problem-based learning with scientific approach devises on quadrilateral lesson for seventh grade students; (2) describe the effectiveness of problem-based learning with scientific approach device on a quadrilateral lesson for seventh-grade students
This research was carried out in two stages. The development stage aims to develop the device following the design of the 4-D model and experimental stage using good quality devices that have been developed.
The results show that the scientific approach device are of good quality because they met valid, practical, and effective criteria. The validity aspects are fulfilled because the validation results get a minimum score of 3 for each assessment item and students learning outcomes met valid, reliable, and sensitive criteria. Practical aspects are fulfilled because the teacher's activities in the learning process get a minimum score of 3 and student active in learning activities. The aspect of effectiveness is fulfilled because the student's response to the learning device is at least 92,14% and student’s classical learning completeness reaches 83%.
Problem-based learning with scientific approach on a quadrilateral lesson for seventh grade students show effectively. This is indicated by the teacher's activity in the learning process of getting a minimum score of 3 for each aspect of assessment, student active in learning activities, student's positive response to learning reaches 93,69% and classical learning completeness of students reaches 89%.