Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E dan metode pictorial riddle pada materi Hukum Newton tentang gerak pada siswa kelas X SMA Negeri 17 Surabaya, mendekskripsikan keefektifan model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode pictorial riddle dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa utamanya pada materi Hukum Newton tentang gerak, dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode pictorial riddle pada materi Hukum Newton tentang gerak di SMA Negeri 17 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian pre-eksperimen. Penelitian ini akan membandingkan nilai pretest dan posttest pada kelas yang digunakan sebagai subjek penelitian. Selanjutnya data pretest dan posttest dianalisis untuk melihat ada tidaknya perbedaan atau pengaruh positif yang signifikan, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas X MIA 5 di SMA Negeri 17 Surabaya. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode pictorial riddle dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gerak memperoleh presentase sebesar 85.43% dengan kategori sangat baik. Sedangkan analisis data keterampilan berpikir kritis menggunakan uji-t berpasangan, perhitungan N-gain, dan tiap aspek keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E dengan metode pictorial riddle dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa, ditunjukkan pada hasil rerata n-gain dengan taraf signifikansi (α = 0.05) sebesar 0.45 termasuk ke dalam kategori sedang dan tiap aspek keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 0.51 dengan kategori sedang.
Kata kunci : Learning Cycle 7E, pictorial riddle, keterampilan berpikir kritis.
This research aims to describe the implementation of learning by applying the 7E learning cycle model and the pictorial riddle method in Newton's Law about motion in class X SMA Negeri 17 Surabaya, describing the effectiveness of the 7E learning cycle model with the pictorial riddle method in practicing students' critical thinking skills mainly on Newton's law of motion, and describing student responses after the 7E learning cycle learning model was applied with the pictorial riddle method in Newton's Law material about motion in SMA Negeri 17 Surabaya. The type of research used is quantitative research using pre-experimental research methods. This study will compare the value of the pretest and posttest in the class used as the subject of the study. Then the pretest and posttest data were analyzed to see whether there were significant differences or positive influences, with the number of research subjects as many as 34 students of class X MIA 5 in SMA Negeri 17 Surabaya. Based on the data obtained it can be concluded that the feasibility of the 7E learning cycle model with the pictorial riddle method in practicing students' critical thinking skills in Newton's Law of motion material obtained a percentage of 85.43% with a very good category. While the data analysis of critical thinking skills using paired t-test, N-gain calculation, and each aspect of critical thinking skills. The results showed that the 7E learning cycle model with the pictorial riddle method can practice students 'critical thinking skills, shown in the mean n-gain results with a significance level (α = 0.05) of 0.45 included in the medium category and each aspect of students' critical thinking skills as large as 0.51 with the medium category.
Keyword : Learning Cycle 7E, pictorial riddle, critical thinking skills.