Keterampilan metakognitif merupakan komponen penting dalam menuntaskan standar kelulusan kurikulum 2013. Salah satu upaya dalam meningkatkan keterampilan metakognitif adalah dengan pengintegrasian strategi mind map dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat RPP dan kisi-kisi soal, keterlaksanaan pembelajaran, perbandingan peningkatan keterampilan metakognitif serta perbandingan respon siswa pada pembelajaran materi Mutasi dengan menggunakan buku ajar strategi metakognitif terintegrasi mind map dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan buku ajar metakognitif. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan metode penelitian control group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kota Kediri pada kelas XII MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan XII MIA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi baik perangkat RPP dan kisi-kisi soal dinyatakan layak digunakan dengan kategori sangat valid dengan nilai masing-masing 92,13% dan 91,28%. Keterlaksanaan pembelajaran kelas kontrol dan kelas eksperimen terlaksana sangat baik. Hasil peningkatan keterampilan metakognitif kelas eksperimen melalui uji gain didapatkan kategori tinggi 0,94 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan kategori sedang 0,52. Respon siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dengan 62,70% pada kelas kontrol dan 87,30% pada kelas eksperimen.
Kata kunci : buku ajar, strategi metakognitif, mind map, materi mutasi
Metacognitive skill is an important component in passing graduation standard on 2013 curriculum. The effort in gaining metacognitive skill is the implementation of mind map strategy in learning activity. This experiment had some purposes, these were to know the validation of RPP and scoring items, the feasibility of learning, comparing of improvement of metacognitive skill in control and experiment class, and comparing students’s response at learning both using metacognitive mutation textbook and not using textbook. The kind of this experiment was experiment of quasi experimental design that used experiment method control group pretest-posttest design. This experiment was done in twelfth grade student of XII MIA 4 as experiment class and XII MIA 5 as control class. This experiment result showed that the validation both of RPP and scoring items was done worthy in very valid category with score 92,13% and 91,23%. The feasibility of learning in experiment class and control class was done very well. The result of gaining metacognitive skill in experiment class is higher than control class. In gaining test experiment class got score 0,94 in high category and control class got 0,52 in medium category. The students’s responses who were in experiment class were better than control class with 62,70% for the control class and 87,30% for experiment class.
Key words: textbook, metacognitive strategy, mind map, mutation