Internet adalah salah satu teknologi yang terus berkembang setiap saat. Kegiatan online shop dapat dilakukan dimana saja dikarenakan adanya kemudahan berintekasi antara pedagang dan pembeli. Mahasiwi yang baru masuk ke dalam lingkungan kampus cenderung melakukan konformitas untuk beradaptasi. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk mengetahui hubungan yang terdapat antar variabel. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan pertanyaan tertutup. Metode menghitung data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skor total. Validitas dari data yang diambil dihitung dengan corrected item-total correlation, sedangkan untuk reliabilitasnya menggunakan koefisien Alpha Conbrach. Untuk uji korelasi yang digunakan menggunakan uji Kearl Pearson. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2016 sebanyak 100 mahasiswi yang tersebar di beberapa jurusan. Hasil dari penelitian ini mendapatkan score 0.728 yang artinya terdapat korelasi yang kuat antara konformitas dengan perilaku konsumtif dalam aktifitas melakukan belanja online shop
Kata Kunci: konformitas, konsumtif, online shop.
The internet is one technology that continues to grow at any time. Online shop activities can be done anywhere due to the ease of integration between traders and buyers. Students who have just entered the campus environment tend to conform to adaptation. This study uses a correlational method to determine the relationships that exist between variables. The data collection method used in this study used a questionnaire with closed questions. The method of calculating the data used in this study uses a total score. The validity of the data taken is calculated by corrected item-total correlation, while for reliability it uses the Alpha Conbrach coefficient. For the correlation test used the Kearl Pearson test. The subjects in this study were 100 female college students as many as 100 students spread across several majors. The results of this study get a score of 0.728 which means that there is a strong correlation between conformity and consumptive behavior in the activity of shopping for an online shop
Keywords: conformity, consumptive, online shop