MINAT KONSUMEN DALAM PEMILIHAN KONSEP TATA RIAS PENGANTIN DI BLESS SALON DAN WEDDING SERVICE SURABAYA
Seiring dengan berkembangnya zaman, tata rias pengantin di Indonesia juga turut mengalami kemajuan. Keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia membuat calon pengantin memiliki banyak pilihan dalam menentukan konsep tata rias pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui minat konsumen dalam pemilihan konsep tata rias pengantin di Bless Salon dan Wedding Service Surabaya ditinjau dari faktor budaya, pribadi, sosial dan psikologis. (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kuantitatif, yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan atau kondisi tanpa mengubah objek penelitian dengan seluruh pelanggan Bless Salon dan Wedding Service Surabaya dalam kurun waktu bulan November sampai dengan bulan Maret 2020 sebanyak 30 pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Minat konsumen dalam pemilihan konsep tata rias pengantin di Bless Salon dan Wedding Service Surabaya lebih cenderung memilih tata rias pengantin modifikasi muslim, dengan alasan sebagian responden yang berhijab tetap bisa menggunakan konsep wedding yang diinginkan dan juga tetap bisa berhijab (2) Persentase tertinggi jawaban responden terdapat pada faktor budaya dengan jawaban setuju sebesar 80 %, sedangkan faktor terendah yaitu faktor psikologis memperoleh nilai tertinggi dengan jawaban setuju dengan persentase 57%. Semua faktor mempengaruhi minat konsumen dalam pemilihan konsep tata rias pengantin di Bless Salon dan Wedding Service Surabaya dengan perolehan nilai persentase tertinggi yaitu pada faktor budaya.
Kata kunci: Minat konsumen, Konsep, Tata rias pengantin
Along with the development of the times, bridal makeup in Indonesia also progressed. Ethnic and cultural diversity in Indonesia makes the bride and groom have many choices in determining the concept of bridal makeup. This study aims: (1) to determine consumer interest in choosing the concept of bridal makeup in Bless Salon and Wedding Service in Surabaya viewed from cultural, personal, social and psychological factors (2) To find out the most dominant factor. This type of research is descriptive with quantitative methods, namely research intended to investigate the condition without changing the object of research using all Bless Salon and Wedding Service Surabaya customers during November to March 2020 as many as 30 customers. The results of this study indicate that (1) The majority of the consumers are most likely to choose the modified traditional bridal makeup with hijab as their wedding concept, in consideration of they still can wear their hijab while using the desired wedding concept (2) The highest percentage of respondents' answers are on cultural factors with 80% agreeing answers, while the lowest factor is psychological factors obtained by the highest value of agreeing answers with a percentage of 57%. All factors influence consumer interest in choosing the concept of bridal make-up at Bless Salon and Wedding Service Surabaya with the highest percentage obtained on cultural factors.
Keywords: Consumer interest, Concepts, Wedding make-up