Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan suatu alat pendidikan untuk memberikan motivasi belajar pada siswa dalam memperbaiki hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor siswa dan 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kooperatif siswa pada kompetensi dasar menerapkan tusuk dasar hiasan dalam suatu produk sub kompetensi sulaman putih di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pre-experimental design. Desain penelitian adalah one shot case study. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober di SMK Negeri 1 Jabon kelas XI Tata Busana 1 tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengambilan data menggunakan tes (kognitif), penilaian produk (psikomotor) dan observasi kemampuan kooperatif siswa (afektif). Instrumen yang digunakan menggunakan lembar soal tes, lembar penilaian produk dan lembar observasi sikap. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, baik terhadap nilai hasil belajar maupun nilai sikap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terdapat pengaruh pada hasil belajar ranah psikomotor sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 100% dengan kriteria sangat baik untuk ranah psikomotor dan sebesar 62,5% dengan kriteria baik untuk ranah kognitif, 2) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh baik terhadap kemampuan kooperatif siswa, khususnya pada sikap saling menghargai dan bekerja sama (skor 4) kategori sangat baik dan tanggung jawab, aktif dan disiplin (skor 3) kategori baik.
Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar, tusuk dasar hiasan.
The application of the jigsaw learning model is one of the educational tools to motivate students to improve their learning outcomes. The study aims: 1) to determine the effect of this learning model on students 'cognitive and psychomotor learning outcomes; and 2) to assess the impact of jigsaw learning model on students' cooperative abilities.
This type of research is an experiment using a pre-experimental design. The study design was a one-shot case study. The study was conducted in September to October at the State Vocational School 1 Jabon class XI fashion 1 year 2019/2020 on the competencies basic embroidery stitching. Technique of data collection using tests (cognitive), product assessment (psychomotor), and observation of students' cooperative abilities (affective) with three observers. The instruments were test sheets, product assessment sheets, and attitude observation sheets. The data were analys by descriptive, both the value of learning outcomes and the value of attitude.
The results show 1) the jigsaw learning model gives an influence on students’ psychomotor abilities while it does not influence students’ cognitive abilities proven by achieved mastery of classical learning outcomes by 100% with excellent criteria for the psychomotor domain and 62,5% with good criteria for the cognitive domain. 2) there is an influence of the jigsaw learning model on students' cooperative abilities, especially on mutual respect and working together (score 4) top category and responsibility, active and discipline (score 3) good category.
Keywords : Jigsaw learning model, learning outcomes, basic embroidery stitching.