the effect of nct dream as the brand ambassador and brand image against the decision of the instant noodle purchase with korean wave as an intervening variable
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh NCT Dream sebagai brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian mie instan dengan korean wave sebagai variabel intervening di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang pernah membeli mie Lemonilo dan yang mengetahui NCT Dream di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan adalah 97 sampel untuk penelitian ini dengan kriteria konsumen yang telah melakukan pembelian lebih dari 2 kali yang berusia 17 tahun hingga 35 tahun, dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi berganda, analisis path pada penelitian ini menggunakan program SPSS versi IBM 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mie lemonilo, variabel brand image (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel korean wave (Z) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel brand ambassador (X1) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui korean wave, variabel brand image (X2) secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui korean wave dan variabel brand ambassador (X2) dan brand image (X2) sama-sama tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui mediasi korean wave (Z) sebagai variabel intervening.