STORYTELLING ADVERTISING CAMPAIGN OF FITBIT TRACKER’S FIND YOUR REASON: PRESUPPOSITION PERSPECTIVES
Penelitian ini bertujuan untuk menyampaikan hasil analisis dari iklan yang mempergunakan cerita sebagai cara promosi and menyampaikan kampanye mengenai produk. Secara spesifik, penelitian ini fokus pada tanda cerita (Nemčoková, 2010) yaitu waktu, karakter dan lokasi, tipe presaposisi (Yule, 1996) dan fungsi pragmatik (Ge, 2011). Secara khusus, objek utama penelitian ini adalah kampanye iklan cerita oleh produk Fitbit yang berjudul Find Your Reasons dan terdiri dari lima video. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menganalisis data. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu digunakannya tiga tanda cerita dan rujukan karakter yang baru. Selebihnya, dalam penelitian ini, setidaknya tiga dari 6 tipe presaposisi ditemukan dalam data serta penelitian ini juga mengidentifikasi empat tipe fungsi pragmatic. Sebagaimana hasil temuan, presaposisi yang terbentuk dari rangkaian tanda cerita dapat menjaga pesan dari iklan cerita yang direfleksikan oleh fungsi pragmatic. Pesan tersebut dijaga dengan cara menyajikan keringkasan, menutupi informasi spesifik, menunjukkan informasi yang telah ada dan yang baru serta memperbanyak informasi iklan.
Kata Kunci: cerita, iklan, praanggapan, fungsi pragmatik
This study is aimed to presents an analysis of advertisement which occupies storytelling form as the way to promote and deliver a campaign about the product. Specifically, it focuses on the storytelling cues (Nemčoková, 2010), such as time sequence, characters and locations, presupposition types (Yule, 1996) and pragmatic function (Ge, 2011). Particularly, the main object of this study is Fitbit's storytelling advertising campaign titled Find Your Reasons that consists of five videos. Then, this study occupied a qualitative research method to analyze the data. Consequently, this study resulted that three storytelling cues and new references of character are found. Furthermore, in the storytelling advertising of Fitbit, this study only found three types presuppositions out of six types. From those presuppositions, four types of pragmatic function is identified. Therefore, presupposition that arranged by the storytelling cues can maintain the message of the storytelling advertising reflected by pragmatic function. The message is maintained by presenting the briefness, concealing the specific information, conveying the given-new information and enlarging the amount of advertisement information.
Keywords: storytelling, advertising, presupposition, pragmatic function