ABSTRAK
Hayati, Tri Nur.
2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted
Individualization (Tai) Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Dan Keuangan
Lembaga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Tesis, Program Studi
Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Dr. Tri Rijanto, M.Pd., M.T
. Pembimbing : (II) Prof. Dr. Joko, M.Pd., M.T.
Kata
Kunci : Model pembelajaran TAI, Motivasi
belajar, Hasil belajar, Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Tujuan dari
penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik, dengan motivasi
belajar sebagai variabel moderasi. Penelitian ini melibatkan 36 peserta didik
dari X LPB-1 dan 35 peserta didik dari X LPB-2 SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jenis
penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan factorial design. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode angket baik angket
motivasi dan metode tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Intrumen
penelitian terdiri atas lembar validasi
perangkat pembelajaran, tes motivasi belajar dan tes hasil belajar dasar-dasar
akuntansi dan keuangan lembaga. Seluruh data yang diperoleh kemudian dianalisis
dengan beberapa tahapan diantaranya analisis hasil belajar, uji prasyarat dan
uji hipotesis Anova 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
TAI memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar
peserta didik dibandingkan dengan model konvensional hal ini dibuktikan melalui
hasil signifikasi sebesar 0,005>0,05. Selain itu, motivasi belajar juga
berperan sebagai moderasi, sehingga semakin tinggi tingkat motovasi peserta
didik maka semakin tinggi pula pengaruhnya
dalam hubungan antara model pembelajaran TAI dan hasil belajar peserta
didik dibuktikan melalui hasil signifikasi sebesar 0,009>0,05. Implikasi
dari penelitian ini adalah model pembelajaran TAI dapat menjadi alternatif yang
efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama jika dipadukan
dengan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.