Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model CBL, untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan argumentasi peserta didik serta mendeskripsikan respon peserta didik setelah diterapkannya model CBL untuk meningkatkan keterampilan argumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah preexperimental design dengan desain one grup pre-test post-test. Subyek penelitian ini terdiri dari 78 peserta didik yang terbagi menjadi 3 kelas, yakni satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Metode yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis keterlaksanaan pembelajaran menggunakan rata – rata skor, analisis peningkatan keterampilan argumentasi menggunakan n gain, uji t-berpasangan, dan ANOVA satu arah, serta analisis angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan model CBL dapat terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 91,40%. Model CBL dapat meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik secara signifikan (F_hitung=1,280, α=0,284), dengan n-gain score sebesar 0,664 sehingga berkategori sedang dan konsisten pada ketiga kelas. Pembelajaran fisika dengan menggunakan model CBL mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 91,57%.
Kata kunci : Case Based Learning dan Keterampilan argumentasi
The purpose of this research aims to dercribe the learning process using CBL model, to describe the improvement of students’ argumentation skill and to describe the students responses after the implementation of CBL method to improve students’ argumentation skill. This research using preexperimental design with one group pre-test post-test. The subjects of this research consisting of 78 students which devided into 3 classes; one for experimental class and two for application. Thus the methods used are observation and test. The analysis techniques that used are the implementation of learning process analysis using score average, the improvement of students argumentation skill analysis using n-gain, T-test analysis, OneWay ANOVA, and the analysis of students’ responses. The result of the research shows that CBL method can be applied well with 91.40% of the implementation. CBL method can significantly improve the argumentation skill of the students (Fhitung = 1,280 and α= 0,284), with 0,664 of n-gain ¬score, itcan be categorized as moderate and consistent for 3 classes. The lesson of Physics using CBL method has good responses from the students with 91.57% of the presentage.
Keywords: Case Based Learning and Argumentation Skill