KINERJA TENAGA PENDIDIK DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19
PERFORMANCE OF EDUCATORS IN MANAGING LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC TIME
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis kinerja tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran di masa pandemi covid-19. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, data-data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, data-data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa. Pertama, kinerja tenaga pendidikdalam mengelola pembelajaran di masa pandemi Covid-19, terbagi menjadi tiga pembahasan yaitu: (1) factor kinerja tenaga pendidik; (2) pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan; (3) kinerja tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran; Kedua,tenaga pendidik sangat dominan dalam proses pengelolaa pembelajaran, hal menunjukkan bahwa pengelolaan pemebelajaran merupakan bidang yang sangat penting dalam melaksanakan kelangsungan proses pendidikan di masa pandemi covid-19. Kata kunci: kinerja pendidik, pengelolaan pembelajaran, era pandemic covid-19
The purpose of writing this scientific article is to find out, explain and analyze the performance of educators in managing learning during the covid-19 pandemic. This method of writing scientific articles uses literature studies. Data is collected through text studies and relevant research results. Data analysis is done by steps: First, the collected data is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, qualitatively reviewed data are analyzed using content analysis. Third, based on the results of data analysis and interpretation, conclusions are taken that are equipped with suggestions. The results of scientific article studies show that. First, the performance of educators in managing learning during the Covid-19 pandemic, is divided into three discussions, namely: (1) performance factors of educators; (2) management of learning in improving the quality of education; (3) the performance of educators in managing learning; Secondly, educators are very dominant in the process of managing learning, it shows that the managementof learning isa very important field in carrying out the continuity of the educational process during the covid-19 pandemic. Keywords: educator performance, learning management, pandemic covid-19 era