Desainndan Analisis Sistem Suspensi Aktiffmodel Seperempattkendaraan Dengan Metode Hybrid PID-Fuzzy
Design and Analysis of Quarter Vehicle Active Suspension System Using PID-Fuzzy Hybrid Method
Dewasa ini kemajuan teknologi otomotif cukup pesat, salah satunya pada sistem suspensi untuk memberikan dampak kenyamanan serta keamanan pengendara atau penumpang kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda empat. Suspensi merupakan mekanisme yang terletakdiantara chassis (rangka mobil) dan roda, berfungsi untuk menopang chassis yang digunakan untuk mengurangi getaran atau guncangan yang diakibatkan oleh kontur alan yang tidak merata dan bergelomang. Artikel ini bertujuan untuk mendemonstrasikan penerapan tiga teknik kontrol yang berbeda, yaitu Proportional Integral Derivative (PID), Fuzzy Logic Control dan pengontrol hybrid PID-Fuzzy untuk mengevaluasi dan mengontrol defleksi yang terjadi pada system mobil suspensi aktif. Kontrol pada sistem diperlukan untuk memberikan kinerja suspensi yang diinginkan dan karakteristik seperti kenyamanan dan keamanan penumpang, serta defleksi suspensi. Sistem kontrol ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak MATLAB 2015 untuk melakukan pengujian operasional dengan data sekunder sebagai acuan parameter untuk komponen tersebut yang terdiri dari tiga bagian: sinyal input (gaya aktuator dan gangguan jalan), Pengendali, dan model sistem suspensi. Hasil simulasi menunjukkan perbandingan antara sistem suspensi yang tidak menggunakan kontrol dan sistem suspensi dengan pengontrol berbasis PID, Fuzzy, dan hybrid PID-Fuzzy. Berdasarkan hasil simulasi, kinerja kendali hybrid PID-fuzzy dapat mempercepat peningkatan waktu naik dan waktu transien dengan nilai rise time = 0.4 detik, settling time = 2.5detik, time peak = 0.3 detik, max overshoot = 0.4 %, error steady state = 0.0001%. Pada penelitian ini di dapatkan hasil respon dari kontrol hybrid PIDFuzzy lebih baik dari kendli PID dan Fuzzy.
Kata Kunci: Seperempat Kendaraan, Sistem Suspensi Aktif, Hybrid PID-Fuzzy.
Currently the advancement of automotive technology is quite rapid, one of which is the suspension system to provide the effect of comfort and safety for the driver or passenger of a motorized vehicle, especially four-wheeled vehicles. Suspension is a mechanism that is located between the chassis (car frame) and the wheels, serves to support the chassis which is used to reduce vibrations or shocks caused by uneven and bumpy terrain contours. This article aims to demonstrate the application of three different control techniques, namely Proportional Integral Derivative (PID), Fuzzy Logic Control and Hybrid PID-Fuzzy controller to evaluate and control the deflection that occurs in the active suspension car system. Controls in the system are required to provide the desired suspension performance and characteristics such as passenger comfort and safety, and suspension deflection. This control system is carried out using Matlab 2015 software to perform operational testing with secondary data as parameter reference for the component which consists of three parts: input signal (actuator force and road disturbance), controller, and suspension system model. The simulation results show a comparison between a suspension system that does not use control and a suspension system with PID, Fuzzy, and Hybrid PID-Fuzzy based controllers. Based on the simulation results, the PID-fuzzy hybrid control performance can accelerate the increase in rise time and transient time with rise time = 0.4 seconds, settling time = 2.5 seconds, peak time = 0.3 seconds, max overshoot = 0.4%, steady state error = 0.0001%. In this study, the results of the response from the PID-Fuzzy hybrid control were better than the PID and Fuzzy control
Keywords: Quarter car, Active Suspension System, Hybrid PID-Fuzzy