Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design tipe Non Equivalent Control - Group Design. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Cepoko dan SDN 4 Kuncir yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test (independent t-test) berbantuan spss versi 23. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V yang ditunjukkan dengan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari 76 % menjadi 90%. Hasil nilai thitung sebesar 2,142 dan nilai ttabel sebesar 2,069 (2,142 > 2,069) yang berati terdapat perbedaan rata - rata hasil keterampilan membaca pemahaman pada kelas yang menerapkan model pembelajaran CIRC dengan yang tidak. Hasil thitung menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho tidak. Kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat pada kelas eksperimen dengan rata – rata nilai pretest 70 dan 80 pada rata-rata nilai posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC memiliki pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
Kata Kunci: pengaruh, model pembelajaran circ, membaca pemahaman
This study aims to determine the influence of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model on the reading skills of explanatory text comprehension of fifth grade elementary school students. This research uses a quantitative approach. This type of research is an experimental research with a research design using Quasi Experimental Design type Non Equivalent Control - Group Design. The subjects in the study were student of class V of Cepoko State Elementary School and Kuncir 4 State Elementary School which were divided into 2 classes, namely experimental classes and control classes. The data collection techniques used are tests and observations. The data analysis techniques use the t-test (independent t-test) assisted by SPSS version 23. Based on the research conducted, the results obtained that there is an influence of the CIRC learning model on the reading comprehension skills of class V students which is shown by student activity which has increased from 76% to 90%. The results of the calculated value of 2,142 and the ttabel value of 2,069 (2,142 > 2,069) which mean that there is a difference in the average results of reading comprehension skills in classes that apply the CIRC learning model with those that do not. T-count results show that Ha is accepted and Ho not. Students comprehension reading ability improved in experimental classes with average pretest scores of 70 and 80 on average posttest scores. Thus it can be concluded that the CIRC learning model has an influence on students' comprehension reading skills.
Keywords: Influence, CIRC Learning Model, Reading Comprehension