Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada peningkatan motivasi belajar pada siswa SMP Negeri 2 Wringinanom Gresik kelas VIII A setelah di beri layanan bimbingan klasikal. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitativ. Dengan pendekatan One-Group Pretest-Posttest Design. Jumlah subyek penelitian sebanyak 32 siswa, dengan penggumpulan data menggunakan kuisioner motivasi belajar. Analisis yang dipakai oleh peneliti adalah analisis menggunakan SPSS dengan menggunakan perhitungan One-Sample Test. Hasil yang didapat dari perhitungan tersebut adalah nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.856 > 0.05. Reliability statistics dengan menunjukan cronbach's alpha menunjukan angka 0.745. Maka dapat disimpulkan adanya kenaikan motivasi belajar setelah subyek diberikan treatmen berupa video motivasi belajar.
kunci: Bimbingan klasikal, motivasi, belajar, dan video motivasi belajar
This research is used for measuring any increasing learning motivation of 8th A student at 2 Wringinanom Junior High School Gresik, after given a classical leadership excercise. This is kind of quantitative experiment that use approachment of one group pretest-posttest design. Total experiment subject are 32 students and the method is learning motivation form. The most used analysis by researcher is SPPS which use One-Sample Test. The result is sig. (2-tailed) increasing amount is 0,856>0,05. Reability statistics using cronbach’s alpha show 0,745. So, there is increasing learning motivation after the subject given treatment by learning motivational video.
Keyword: Classical Guidance, motivation, learn, and learning motivation video.