STUDI KEPUSTAKAAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB SCHOOL REFUSAL DI SEKOLAH DASAR
LIBRARY STUDY ON THE CAUSES OF SCHOOL REFUSAL IN PRIMARY SCHOOL
penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku school refusal pada anak di sekolah dasar. seperti yang kita tahu, school refusal merupakan permasalahan yang seringkali menjadi keluhan orang tua dan menimbulkan kekhawatiran karena anak mereka enggan menghadiri sekolah. Roscommon CAMHS dkk menyebutkan bahwa kasus penolakan sekolah memang bukan hal yang baru karena kebanyakan anak pasti pernah mengalami permasalahan seperti ini. penelitian terkait school refusal memang sudah banyak dilakukan oleh civitas-civitas akademik dan dimuat dalam jurnal bertaraf nasional maupun internasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode dokumentasi dengan teknik analisis yakni analisis isi. Peneliti menggunakan teknik analisis isi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan tinjauan pustaka dan untuk menghindari adanya kesalahan informasi.
Hasil penelitian ini tersusunnya kajian mengenai faktor-faktor penyebab school refusal dengan mengacu pada komponen-komponen dari 23 artikel yaitu terdapat beberapa faktor yang menyebabkan penolakan sekolah seperti kecemasan perpisahan, pola asuh orang tua, pengalaman buruk yang bersifat trauma, kesulitan akademik, dan kondisi ekonomi yang rendah.
Kata Kunci: studi kepustakaan, faktor-faktor penyebab, school refusal
This research is a type of library study that aims to describe the factors that cause of school refusal to children in primary school. As we know, school refusal is a problem that is often a complaint of parents and raises concern because their children are reluctant to attend school. Roscommon CAHMS et al mention that the case of school refusal is indeed not new because most children must have experienced problems like this. Research related to school refusal has indeed been carried out by many academic community members and published in national and international journals.The data collection method used in this research is the documentation method with analysis technique, namely content analysis. Researchers use content analysis techniques with the aim of maintaining the accuracy or library review and to avoid misinformation.
The results of this study compile a study of the factors that cause school refusal by referring to the 23 journal components there are several factors that cause school refusal such as separation anxiety, parenting stye, traumatic bad experiences, academic difficulties, and low economic conditions.
Keywords :Library Study, Causative Factors, School Refusal.