THE USE OF ENGLISH AS A DOMINANT LANGUAGE FOR COMMUNICATION AMONG YOUNG SELF-LEARNING BILINGUALS ON X
Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pola dominasi bahasa inggris yang digunakan oleh anak billingual belajar mandiri platform X sekaligus mengungkap faktor yang mempengaruhi belajar mandiri untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa inggris dan pengaruh penggunaan bahasa inggris sebagai bahasa dominan pada anak billingual dalam belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini yakni pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan informan dan dokumentasi yang berfokus pada akun sosial media X anak muda billingual belajar mandiri. Data tersebut kemudian dianalsis melalui proses kondensasi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa tertentu mempunyai peran penting satu pemahaman bahasa terhadap hubungan emosional dan kemahiran bahasa satu dalam mempengaruhi dominasi penggunaan billingual di kalangan anak muda X yang belajar bahasa secara mandiri dengan menumbuhkan koneksi melalui penggunaan bahasa. Selain itu, penelitian ini menjelaskan bagaimana cara suatu bahasa menumbuhkan keterkaitan keterampilan berbahasa melalui pola interaksi komunikasi yang dapat mempengaruhi preferensi serta kemahiran bahasa satu sama lain. Ilustrasi terkait dampak positif bahwa kemahiran pada satu bahasa berdampak terhadap kemahiran pada bahasa lain melalui penekanan terhadap sejumlah dinamika interaksi yang berbeda antara sejumlah faktor yakni kemahiran berbahasa, latar belakamg pribadi, penyampaian bahasa dan kemahiran agar dapat menafsirkan dan memahami hasil komunikasi.
The purpose of this study is to describe the dominance pattern of English used by young self-learning bilinguals of platform X as well as to reveal the factors that influence self-learning to communicate with others using English and the effect of using English as the dominant language on young selflearning bilinguals. The research method used in this study is a qualitative approach with data collection through in-depth interviews with informants and documentation that focuses on the social media accounts of X independent learning bilingual youth. The data is analyzed through the process of data condensation to draw conclusions. The results of this study show that a particular language has an important role one language understanding of emotional connection and one language proficiency in influencing the dominance of bilinguals use among young self-learning bilinguals on X by fostering connections through language use. In addition, this research explains how the way in which a language fosters language skill linkages through communication interaction patterns can influence one another's language preferences and proficiency. It illustrates the positive impact that proficiency in one language has on proficiency in another through emphasizing a number of different interaction dynamics between numbers of factors namely language proficiency, personal background, language delivery and proficiency in order to interpret and understand the communication outcomes.