Vocational School Student Creativity in Solving Mathematical Problems in terms of Cognitive Style
ABSTRAK
Fathoni. 2020. Kreativitas Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. Tesis. Progran Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd. dan (II) Dr. Siti Khabibah, M. Pd.
Kata Kunci : Kreativitas, Memecahkan Masalah Matematika, Gaya Kognitif
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMK dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif. Peneltian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa kelas XI Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) SMK Senopati Sedati Sidoarjo.
Pengambilan data di mulai dengan memberikan Group Embeded Figure Test (GEFT) dan kemampuam matematika siswa di peroleh dari guru mata pelajaran, Selanjutnya dipilih masing – masing satu siswa dari kelompok gaya kognitif field dependent (FD) dan gaya kognitif field independent (FI), dengan memperhatikan kemampuan matematika siswa yang setara dan jenis kelamin yang sama, Setelah itu siswa di beri tes kreativitas siswa (TKS) dan wawancara. Untuk mengecek data digunaakan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bawah kreativitas siswa SMK dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif yang terdiri dari gaya kognitif field dependent (FD) dan gaya kognitif field independent (FI) berdasarkan indikator kreativitas kelenturan (flexibility), keterincian (elabboration) dan kefasihan (fluency). Siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) sebagai berikut : a) kelenturan (flexibility) siswa dapat menjawab dengan benar namun hanya menggunakan dengan satu cara, b) keterincian (elabboration) Siswa dapat mengidentifikasi gambar menjadi bangun datar dan bangun ruang namun belum terinci, c) kefasihan (fluency) siswa dapat mengerjakan dan memahami soal tersebut bisa membuat pertanyaan dan jawabannya. Pada siswa yang gaya kognitif field independent (FI) a) siswa dapat menjawab dengan benar menggunakan dengan lebih satu cara. b) keterincian (elabboration) Siswa dapat mengidentifikasi gambar bangun datar dengan sangat terinci dan c) kefasihan (fluency) siswa dapat mengerjakan dan memahami soal tersebut bisa membuat pertanyaan dan jawabannya.
Siswa yang bergaya kognitif field dependent (FD) dapat menyelesaikan dua indikator dengan benar, pada indikator kelenturan (flexibility) belum bisa menyelesaikan dengan benar dan siswa yang bergaya kognitif filed independent (FI) dapat menyelesaikan ketiga indikator dengan baik mulai indikator kelenturan (flexibility), keterincian (elabboration) dan kefasihan (fluency).
ABSTRACT
Fathoni. 2020. Vocational School Student Creativity in Solving Mathematical Problems in terms of Cognitive Style. Thesis. Postgraduate Mathematics Education Study Program, State University of Surabaya. Advisor (I) Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M.Pd. and (II) Dr. Siti Khabibah, M. Pd.
Keywords: Creativity, Solving Math Problems, Cognitive Style
This study aims to describe the creativity of vocational students in solving problems in terms of cognitive style. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects in this study consisted of 2 class XI students of the Software Engineering Department (RPL) of SMK Senopati Sedati Sidoarjo.
Retrieval of data begins by giving the Group Embeded Figure Test (GEFT) and students' math abilities are obtained from the subject teacher, then each student is selected from the field dependent cognitive style (FD) group and the field independent cognitive style (FI), pay attention to the mathematics abilities of students who are equal and of the same gender, After that students are given student creativity tests (TKS) and interviews. To check the data, data triangulation was used.
The results of this study indicate that the creativity of vocational students in solving problems in terms of cognitive style consisting of field dependent cognitive style (FD) and independent field cognitive style (FI) based on creativity indicators of flexibility, elabboration and fluency. Students with the field dependent cognitive style (FD) are as follows: a) flexibility (flexibility) students can answer correctly but only use one way, b) elabboration Students can identify images to be flat shapes and shapes but not yet detailed, c) fluency (fluency) students can work on and understand the questions can make questions and answers. In students whose cognitive style independent field (FI) a) students can answer correctly using more than one way. b) elabboration Students can identify flat images in great detail and c) fluency (fluency) students can work on and understand these questions can make questions and answers.
Students with field dependent cognitive style (FD) can complete two indicators correctly, the flexibility indicator cannot complete it correctly and students who are independent filed cognitive style (FI) can complete all three indicators properly starting from flexibility indicators, elabboration and fluency.