Profil Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menerapkan Thailand Basic Education Core Curriculum di Banlanga School, Chana, Thailand
Teacher Professionalism Competency Profile in Implementing Thailand Basic Education Core Curriculum at Banlanga School, Chana, Thailand
Kesuksesan pada bangsa di waktu mendatang bisa terwujud jika sukses dalam mendidik generasi penerusnya.. Adanya tenaga pendidik atau guru dalam lingkup pendidikan difungsikan agar seluruh hal yang diperlukan oleh siswa dapat dipenuhi, sehingga seorang guru dibekali dengan kemampuan agar dapat melakukan kegiatan kependidikan dengan seorang siswa secara profesional. Hal ini karena pada penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di lembaga pendidikan bersinggungan dengan pembimbingan peserta didik dalam mengembangkan kompetensinya sesuai dengan usia perkembangannya. Suatu kegiatan pembelajaran dapat terlaksana jika terdapat proses yang saling berkaitan antara pendidik dengan peserta didik, dan diharapkan akan mewujudkan output berupa wawasan baru dan pengalaman pada masing-masing pihak yang terlibat, terutama peserta didik supaya mendapatkan kesempatan belajar yang merata serta mewujudkan kualitas pendidikan sesuai dengan SDGs (Sustainable Development Goals) keempat, yakni Quality Education. .
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai gambaran kompetensi profesionalisme guru yang terdapat pada suatu lembaga pendidikan. Dalam menjaga kualitas pendidikan, seorang guru akan memperhatikan kompetensi profesionalismenya dalam penyelenggaraan unsur pendidikan seperti kurikulum. Untuk mencapai tujuan penelitian yang telah dipaparkan, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, serta studi dokumen pada pihak yang memberikan informasi, yakni kepala sekolah, koordinator subjek, dan guru Bahasa Inggris Banlanga School. Peneliti menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yang memiliki langkah berupa pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang didapatkan antara lain (1) Pengetahuan guru mengenai kompetensi profesionalisme dalam penerapan kurikulum di Banlanga School disesuaikan dengan standar dan ketetapan Thailand Basic Education Core Curriculum, dengan didukung oleh peran pimpinan sekolah atas agenda program penguatan pemahaman guru pada standar dan aturan kurikulum yang berlaku; (2) Keterampilan guru mengenai kompetensi profesionalisme dalam menerapkan kurikulum terdiri dari perencanaan, implementasi, serta evaluasi pembelajaran terstruktur yang dilakukan guru dengan sharing antar rekan guru Banlanga School, diskusi dan konsultasi secara teratur dengan pimpinan sekolah, serta rasa ingin tahu yang tinggi atas ilmu dan informasi terkait pembelajaran serta adanya platform yang mudah diakses dan kontrol secara berkala oleh pimpinan sekolah; (3) Sikap guru mengenai kompetensi profesionalisme dalam menerapkan kurikulum dengan melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai guru, membangun komunikasi dengan pimpinan sekolah dan siswa, mengusahakan agar pembelajaran dapat berlangsung dengan lancar, dan selalu melakukan pemantauan kondisi kelas dan menaruh perhatian penuh pada siswanya.
Success of the nation in the future can be realized if it is successful in educating the next generation. The existence of educators or teachers within the scope of education is enabled so that all things needed by students can be fulfilled, so that a teacher is equipped with the ability to be able to carry out educational activities with a student effectively. professional. This is because the implementation of teaching and learning activities in educational institutions intersects with the guidance of students in developing their competencies according to the age of their development. A learning activity can be carried out if there is an interrelated process between educators and students, and it is hoped that this will materializeoutput in the form of new insights and experiences for each party involved, especially students so that they get equal learning opportunities and realize quality education in accordance with the fourth SDGs (Sustainable Development Goals), namely Quality Education. .
This study aims to examine the description of teacher professional competence in an education institution. In maintaining the quality of education, a teacher will pay attention to his professional competence in implementing educational elements such as the curriculum. To achieve the research objectives that have been described, researchers used qualitative methods with a case study approach. Data collection techniques consisted of observation, interviews, and document studies on parties who provided information, namely the school principal, subject coordinator, and Banlanga School English teacher. The researcher uses the data analysis technique Miles and Huberman which has steps in the form of data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions.
The conclusions obtained include (1) the teacher's knowledge regarding professional competence in implementing the curriculum at Banlanga School is adjusted to the standards and provisions of the Thailand Basic Education Core Curriculum, supported by the role of school leaders on the program agenda to strengthen teacher understanding of applicable curriculum standards and rules; (2) The teacher's skills regarding professional competence in implementing the curriculum consist of planning, implementing, and evaluating structured learning carried out by the teachersharing among fellow Banlanga School teachers, regular discussions and consultations with school leadership, as well as high curiosity about knowledge and information related to learning as well as the existence of a platform that is easily accessible and periodically controlled by school leaders; (3) The teacher's attitude regarding professional competence in implementing the curriculum by carrying out their duties and obligations as a teacher, building communication with school leaders and students, making sure that learning can take place smoothly, and always monitoring class conditions and paying full attention to students.