EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
THE EFFECTIVENESS OF TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) LEARNING METHODS ON STUDENTS' COMMUNICATION ABILITY
Kemampuan komunikasi menjadi atribut teratas yang dicari oleh perusahaan pada saat merekrut kerja, namun pendidikan sebagai lembaga yang memiliki tanggung jawab dalam membentuk sumber daya manusia di setiap negara, belum sepenuhnya membekali peserta didiknya dengan kemampuan komunikasi yang baik. Hal ini karena masih terdapat pembelajaran yang menggunakan metode konvensional, sehingga kemampuan komunikasi siswa menjadi terhambat. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament yang memiliki ciri khas adanya games dan turnamen akademik, sehingga dapat memaksimalkan terjadinya interaksi di kelas. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran TGT dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa menggunakan metode kajian literatur. Berdasarkan hasil studi kajian literatur (literature review) yang telah dianalisis dan dikaji, dapat ditarik beberapa hasil diantaranya: (1) penerapan model pembelajaran TGT berpotensi efektif dalam memberikan dampak positif yang besar dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa SMK; (2) penerapan pembelajaran model TGT terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa di jenjang SMK karena ciri khas pendidikan SMK yang didominasi dengan pembelajaran praktik daripada teori, sejalan dengan konsep pembelajaran TGT yang memiliki ciri khas games dan turnamen, hal ini guna untuk menyiapkan lulusan SMK menjadi tenaga kerja yang aktif , dan ahli di bidangnya, serta berkesempatan untuk melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi dengan dibekali kemampuan komunikasi yang baik.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournaments, Komunikasi
Communication skills are the top attribute sought by companies when recruiting jobs, but education as an institution that has the responsibility for shaping human resources in each country, has not fully equipped its students with good communication skills. This is because there is still learning that uses conventional methods, so that students' communication skills are hampered. One way to improve students' communication skills is to apply the Teams Games Tournament cooperative learning model which is characterized by games and academic tournaments, so as to maximize interaction in the classroom. This study seeks to describe the effectiveness of TGT learning in improving students' communication skills using the literature review method. Based on the results of the literature review that has been analyzed and reviewed, several results can be drawn including: (1) the application of the TGT learning model has the potential to be effective in providing a large positive impact in improving the communication skills of SMK students; (2) the application of the TGT learning model has proven to be effective in improving students' communication skills at the vocational level because the characteristics of vocational education are dominated by practical learning rather than theory, in line with the TGT learning concept which has the characteristics of games and tournaments, this is in order to prepare vocational graduates become an active workforce, and experts in their fields, and have the opportunity to continue their studies at a higher level equipped with good communication skills.
Keywords: Cooperative Learning, Teams Games Tournaments, Communication