Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan
bahan ajar berupa Buku Saku Akuntansi bagi siswa SMK jurusan Akuntansi kelas XI
dengan materi Perolehan dan Penyusutan Aset Tetap; mengetahui kelayakan Buku
Saku Akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi,
ahli media, guru Akuntansi, dan siswa dari aspek isi, kebahasaan, penyajian,
dan kegrafikaan; serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sesudah
penggunaan Buku Saku Akuntansi.
Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi
dari model pengembangan ADDIE. Pada tahap
Development , Buku Saku Akuntansi
dinilai kelayakannya oleh 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media, 1 guru
akuntansi, 20 siswa uji coba. Pengukuran kelayakan dilakukan terhadap 20 siswa
kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto sebagai subjek uji coba
akhir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui
observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis
secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan lima
tahap membuat Buku Saku Akuntansi yaitu: 1) Analysis
(Penganalisisan), 2) Design
(Perancangan), 3) Development or Production (Pengembangan), 4) Implementation or Delivery (Pengimplementasian),
dan 5) Evaluation (Pengevaluasian).
Tingkat kelayakan Buku Saku Akuntansi sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian:
1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 87,14 yang termasuk dalam kategori Sangat
Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 92 yang termasuk dalam kategori Sangat
Layak, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 81,53 yang termasuk dalam
kategori Layak. Penilaian kelayakan oleh siswa uji coba akhir memperoleh
rata-rata skor 93 yang termasuk kategori Layak. Dengan demikian Buku Saku
Akuntansi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Media
Pembelajaran Akuntansi, Buku Saku, Motivasi Belajar, SMK, Aset Tetap, ADDIE.