Efektivitas Penggunaan Media Sosial Facebook Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa
The Effectiveness of Using Social Media Facebook to Enhance EFL Students' Writing Skill
Pembelajaran dalam jaringan kini telah menjadi sarana utama bagi guru dan siswa untuk meraih kemajuan dalam pembelajaran, khususnya sejak merebaknya wabah pandemi di tahun 2020. Membangun kelas yang menyenangkan kini menjadi tantangan tersendiri bagi para guru saat mengajar secara daring. Media sosial berpotensi menjadi wadah yang baik untuk membangun wawasan sebelum kelas dimulai. Sebagian besar siswa juga merupakan pengguna media sosial. Media sosial memiliki potensi untuk digunakan di kelas bahasa Inggris guna membangun wawasan bagi siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan True Experimental dengan pendekatan kuantitatif dan angket sebagai instrumen. Data yang dikumpulkan dari 24 siswa kelas 11 di salah satu SMA di Surabaya menunjukkan bahwa media sosial Facebook meningkatkan kemampuan menulis siswa. Siswa yang menggunakan media sosial Facebook cenderung mengalami peningkatan dalam menulis. Eksperimen ini mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam peningkatan kosa kata, konten, tata bahasa, mekanik, dan organisasi. Siswa juga mengembangkan pengetahuan dari pengguna media sosial lainnya. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan rincian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut.
Online class has now become a primary way for teachers and students to have progress in their education especially since the pandemic outbreak in 2020. Building a fun class is now becoming a challenge for teachers while teaching online. Social media has potential to be a good platform to build existing knowledge before the class starts. Most students are also social media users. Social media has potential in English class to build the existing knowledge for students. The study uses true experimental design with quantitative approach and questionnaire as the instrument. The data that were collected from 24 students at 11th grade in one of the senior high school in Surabaya shows that social media Facebook improves student’s writing skills. Students that using social media Facebook are tended to have improvement in writing. It improves students’ writing skill in vocabulary, content, grammar, mechanic, and organization. Students also developed knowledge from another social media user. However, there still needed to do further research in order to find the details about the factors that affect the improvement.