Development of PowerPoint Based Interactive Learning Media to Improve Students Learning Outcomes on the Material Component Ecosystem of the Class X
Media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil belajar siswa karena media pembelajaran berperan penting untuk menyampaikan materi. PowerPoint interaktif merupakan media pembelajaran yang menggabungkan seluruh elemn media seperti teks, gambar, suara dan video sehingga menarik serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar karena didukung oleh fitur-fitur yang tersaji. media ini digunakan untuk pembelajaran materi komponen ekosistem kelas X. berdasarkan hasil observasi di sekolah materi tersebut disampaikan hanya dalam bentuk verbal yaitu berpusat pada guru, serta hanya menggunakan buku ajar dan papan tulis sebagai alat bantunya, maka peneliti ingin memberikan dalam bentuk audiovisual sehingga lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint yang valid dan efektif. parameter yang diukur adalah validitas dan peningkatan hasil belajar. jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. model yang digunakan 4D (define, design, development, disseminate) tanpa desseminate hanya uji coba terbatas. sasaran penelitian ini siswa SMA Negeri 1 Balongpanggang, Gresik berjumlah 20 siswa. pengumpulan data menggunakan metode validasi dan tes. validasi dilakukan oleh dosen ahli media, dosen ahli materi dan guru biologi. peningkatan hasil belajar diukur melalui pretest dan psottest. teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran PowerPoint interaktif memperoleh rata-rata skor ≥ 3,86 dengan kriteria sangat valid. Media PowerPoint interaktif efektif dapat meningkatkan hasil belajar dengan nilai sig. > 0,05 berdasarkan uji normalitas, dan uji t pada kenaikan gain skor yang signifikan sebesar (2-tailed) < 0,05 dengan kategori sedang.
Kata kunci: hasil belajar, komponen ekosistem, media pembelajaran, PowerPoint interaktif.
Learning media greatlu affects student learning outcomes because learning media plays an important role in conveying material. interactive PowerPoint is a learning media that combines all media elements such ad text, images sound and video so that it is interesting and effective in improving learning outcomes because it is supported by the features presented. this media is used for learning material for class X ecosystem components based on the result of observation at school the material is delivered only in verbal form, which is theacher centered, and only used textbooks and balckboard as aids, so the researcher wants to provide audiovisual form so that it is more effective and can improve learning outcomes student. this study aims to produce valid and effective PowerPoint based interactive learning media. the parametes measured were the validity and improvement of learning outcomes. this type of research. the model used is 4D (define, design, development, disseminate) without disseminate, only a limited trial. the target of this research is student of SMA Negeri 1 Balongpanggang, Gresik totaling 20 students. data collection using validation methods and tests. validation was carried out by media expert lecturers, material expert lecture and biology teachers. the increase in learning outcomes was meansured throught the pretest and posttest. the data analysis technique is descriptive quantitative. based on the results of the study, it was shows that the PowerPoint interactive learning media obtained an average score of ≥ 2,51 with valid criteria. interactive PowerPoint can effectively improve learning outcomes with sig values. > 0.05 based on normality test, and t test on a significant increase in score gain of (2 tailed) < 0.05 in the medium category.
Keywords: learning outcomes, ecosystem components, learning media, interactive PowerPoint.