Strategi Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 31 Gresik
Strategy for Implementing Differentiated Social Studies Learning in the Independent Curriculum at UPT SMPN 31 Gresik
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang lahir saat pandemi Covid- 19 di Indonesia. Kurikulum Merdeka diperkenalkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel dan juga berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter serta keterampilan peserta didik. Kurikulum merdeka lebih memberi ruang kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki. Pembelajaran berdiferensiasi ini memiliki kesinambungan yang kuat dengan kurikulum merdeka yang saat ini sedang dilaksanakan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan jawaban dari tujuan kurikulum merdeka yakni menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 31 Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti menjadi subyek yang terjun langsung melaksanakan strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan tiga elemen (konten, proses, produk) mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi peserta didik merasa diberikan ruang untuk mengekspresikan bakat dan kemampuannya.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran IPS
The Merdeka Curriculum is a curriculum that was born during the Covid-19 pandemic in Indonesia. The Merdeka Curriculum was introduced as a curriculum framework that is more flexible and also focuses on essential material and developing the character and skills of students. The independent curriculum provides more space for students to develop their potential.This differentiated learning has strong continuity with the independent curriculum currently being implemented. Differentiated learning is the answer to the aim of the independent curriculum, namely creating a pleasant learning atmosphere for students and teachers.
This research aims to describe the Strategy for Implementing Differentiated Learning in the Independent Curriculum at UPT SMPN 31 Gresik. This study uses a qualitative method. In this research, the researcher was the subject who was directly involved in implementing strategies for implementing differentiated learning as a form of implementing the independent curriculum.
The research results show that the application of differentiated learning in social studies learning by applying three elements (content, process, product) is able to provide enjoyable learning and can develop students' creativity. Through the application of differentiated learning, students feel given the space to express their talents and abilities.
Keywords: Independent Curriculum, Differentiated Learning, Social Studies Learning