Literatur Review Miskonsepsi Fisika Peserta Didik SMA dan Instrumen Diagnosisnya
Literature Review of Physics Misconceptions in High School Student and Their Diagnostic Instrument
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis trend penelitian miskonsepsi fisika peserta didik pada tingkat SMA dan instrumen diagnosisnya. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur melalui analisis bibliometrik. Data penelitian diperoleh, dari 25 artikel yang diseleksi melalui Publish or Perish pada basis data Scopus yang terindikasi dari tahun 2016 hingga 2020. Artikel yang dipilih memiliki kesamaan jenis instrumen diagnostik tes beberapa tingkat (Multiple-Tier) pada peserta didik SMA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa publikasi artikel miskonsepsi peserta didik di tingkat SMA lima tahun terakhir mengalami penurunan dan kenaikan, yang berarti penelitian miskonsepsi masih menjadi fokus penelitian saat ini dan masalah miskonsepsi fisika masih sering terjadi pada peserta didik SMA. Penyebab miskonsepsi fisika pada peserta didik mayoritas terjadi karena faktor internal berupa ketidaksesuaian prakonsepsi peserta didik dengan konsep ilmuwan. Pengembangan instrumen diagnostik tes Four-Tier merupakan metode untuk mendeteksi miskonsepsi fisika yang sering dikembangkan dalam penelitian, karena lebih efektif dan lebih akurat dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik dan materi yang sering dikaji miskonsepsinya adalah mekanika. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa Ida Kaniawati merupakan penulis yang paling berkontribusi pada penelitian miskonsepsi fisika dan artikel Taslidere (2016) termasuk artikel yang tersitasi paling banyak.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Bibliometrik, Multiple-Tier
This study aims to analyze the research trends of students' misconceptions of physics at the high school level and their diagnostic instruments. The research method used was literature study through bibliometric analysis. The research data were obtained from 25 articles selected through Publish or Perish on the Scopus database indicated from 2016 to 2020. The selected articles have the same type of diagnostic test instrument with several levels (Multiple-Tier) in high school students. The results of data analysis show that the publication of misconception articles of students at the high school level in the last five years has increased and increased, which means that misconceptions are still the focus of current research and the problem of misconceptions in physics is still common among high school students. The cause of the majority of students 'misconceptions in physics occurs due to internal factors in the form of incompatibility of students' preconceptions with the concept of scientists. The development of the Four-Tier test diagnostic instrument is a method to detect the misconceptions of physics that are often developed in research, because it is more effective and more accurate in identifying student misconceptions and the material that is often studied for misconceptions is mechanics. In addition, this study also reveals that Ida Kaniawati is the author who contributed the most to research misconceptions of physics and Taslidere's article (2016) is one of the most cited articles.
Keywords : Misconceptions, Bibliometic, Multiple-Tier