ABSTRAK
Penelitian ini fokus membahas tentang representasi perlawanan rasisme yang ada dalam film Green Book. Dalam penelitian ini mengambil beberapa scene yang mencerminkan sebuah perlawanan terhadap rasisme yang di alami oleh tokoh kulit berwarna bernama Don Shirley yang bekerja sebagai pianis, bersama supirnya seorang kulit putih bernama Tony Valellonga. Penelitian ini mengambil metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan unit analisis berupa teks-teks dan gambar yang muncul sebagai bentuk perlawanan terhadap rasisme. Peneliti menggunakan semiotika milik Charles Sanders Pierce sebagai pisau analisisnya dan membagi analisis kedalam tiga bentuk yakni Ikon, Indeks dan Simbol, dengan menggunakan proses semiosis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlawanan terhadap rasisme terbagi dalam tiga bentuk yakni perlawanan rasisme secara individual, institusi dan personal. Dari film ini menunjukkan bahwa perlawanan rasisme adalah nyata dengan memperkuat identitas diri dan kerja keras melawan emosi diri, hirarki sosial serta budaya.
Kata kunci : Representasi, Rasisme, Film, Semiotik Pierce
ABSTRACT
This study focuses on discussing the representation of resistance to racism in the Green Book film. In this study took several scenes that reflected a resistance to racism experienced by the character of color named Don Shirley who worked as a pianist, along with a white coworker named Tony Valellonga.This study took a descriptive qualitative method, using a unit of analysis in the form of texts and images that emerged as a form of resistance to racism. The researcher used Charles Sanders Pierce's semiotics as his analytical knife and divided the analysis into three forms of Icons, Indices and Symbols, using the semiosis process.The results of this study indicate that resistance to racism is divided into three forms, namely resistance to racism individually, institutionally and personally. From this film shows that resistance to racism is real by strengthening self-identity and hard work against self-emotion, social and cultural hierarchy.
Keywords: Representation, Racism, Film, Pierce Semiotics