PENDIDIKAN VOKASIONAL ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA
VOCATIONAL EDUCATION CHILDERN WITH INTELLECTUAL DISABILITIES IN SPECIAL SENIOR HIGH SCHOOLL
Artikel ilmiah ini membahas mengenai pendidikan vokasional anak tunagrahita, pendidikan vokasional merupakan pembelajaran kepada para peserta didik dalam berbagai kompetensi agar dapat memperoleh pekerjaan dan hidup secara mandiri khususnya pada bidang finansial. Artikel ilmiah berikut bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan vokasional bagi anak tunagrahita pada jenjang sekolah menengah atas luar biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian literatur, yakni dengan cara mengkaji penelitian-penelitian yang relevan melalui buku, jurnal serta prosiding baik nasional maupun internasional yang sesuai dengan topik penelitian kemudian dilakukan analisis dan simpulan untuk mendapatkan hasil penelitian yang sesuai. Hasil artikel ilmiah ini berupa pemaparan terkait pendidikan vokasional anak tunagrahita di sekolah menengah atas luar biasa.
This scientific article discusses vocational education for children with intellectual disabilies, vocational education is learning to students in various competencies in order to obtain a job and live independently, especially in the financial field. The following scientific articles aim to analyze and describe vocational education for children with intellectual disabilities at the special school in senior high school level. This study uses qualitative approach with the type of literature study, namely by reviewing relevant researches through books, journals and proceedings of national and international organizations in accordance with research topics then conducted analysis and conclusion to get the appropriate research results. The results of this scientific article in the form of exposure related to vocational education of children with intellectual disabilities at special school in senior high school level.