ABSTRAK
Herlis Silviana. 2019. Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di SMP Baitussalam Surabaya. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Dr. Sri Setyowati, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Amrozi Khamidi, M.Pd.
Kata Kunci : Implementasi, MBS
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) kemandirian sekolah dalam hal ini adalah kemandirian yang terjadi di SMP Baitussalam Surabaya, (2) akuntabilitas dalam tata kelola yakni semua kegiatan sekolah di SMP Baitussalam Surabaya, (3) pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan semua personalia di SMP Baitussalam Surabaya dan stakeholder melalui wakil-wakilnya.
Penelitian yang berpendekatan kualitatif ini memerlukan kajian yang mendalam guna memperoleh data yang lengkap dan rinci. Pendekatan yang paling sesuai dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang lazim disebut sebagai pendekatan naturalistik Nasution, (1998). Pendekatan kualiatif adalah pendekatan yang berorientasi pada gejala-gejala yang bersifat wajar dan alamiah. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian : (1) teknik observasi partisipasi, (2) teknik wawancara mendalam, (3) teknik dokumentasi dan keabsahan data untuk menjamin keterpercayaan penelitian yaitu: (1) kredibilitas, (2) dependabilitas, (3) konfirmabilitas dan (4) transferabilitas.
Data penelitian ini berfokus pada: (1)Kemandirian sekolah di SMP Baitussalam Surabaya, (2) Akuntabilitas dalam tata kelola di SMP Baitussalam Surabaya, (3) Pengambilan keputusan partisipatif di SMP Baitussalam Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pertama, implementasi manajemen berbasis sekolah sudah berjalan sesuai dengan karakteristik dan kerangka kerja berbasis sekolah dengan baik meliputi kerjasama dan komunikasi antara sekolah dan wali peserta didik, komite sekolah serta masyarakat sekitar yang saling bersinergi, implementasi MBS khususnya tiga pilar yaitu kemandirian, akuntabilitas dan partisipatif yang sangat membantu dalam kualitas akademik maupun non akademik.
ABSTRACT
Herlis Silviana. 2019. Implementation of school based management Program in improving quality in SMP Baitussalam Surabaya. Thesis Program on postgraduate education management in Surabaya State University. Advisor (I) Dr. Sri Setyowati, M. Pd, and (II) Dr. Amrozi Khamidi, M. Pd.
Keywords: implementation, MBS
This research aims to: (1) The independence of the school in this case is the independence that occurred in SMP Baitussalam Surabaya, (2) accountability in governance of all school activities in SMP Baitussalam Surabaya, (3) Decision making Participative involving all personnel in SMP Baitussalam Surabaya and stakeholders through its representatives.
This qualitative approach requires in-depth study to obtain complete and detailed data. The most appropriate approach in this study used a qualitative approach commonly referred to as the naturalistic approach of Nasution, (1998). A kualiative approach is an approach that is oriented towards natural and natural symptoms. Using data collection techniques and Research instruments: (1) participatory observation techniques, (2) in-depth interview techniques, (3) technical documentation and validity of data to ensure the reliability of research is: (1) credibility, (2) dependability (3) The Confordability and (4) transferability.
This research Data focuses on: (1) The independence of school in SMP Baitussalam Surabaya, (2) accountability in governance in SMP Baitussalam Surabaya, (3) Participatory decision making in SMP Baitussalam Surabaya. The results showed that. First, the implementation of school-based management is already running in accordance with the characteristics and framework of the school-based well covering cooperation and communication between the school and the Guardian of Learners, school committees as well as the surrounding community The implementation of MBS, especially the three pillars of self-reliance, accountability and participation that are very helpful in both academic and non academic quality.