PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBUATAN POLA ROK DAN BLOUSE SESUAI DESAIN DI SMK NEGERI 8 SURABAYA
E-Modul merupakan bahan belajar mandiri dalam format elektronik di SMK tata busana yang disusun secara sistematis ke unit pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini ialah 1. Mendeskripsikan tingkat kelayakan E-Modul pembuatan pola rok dan blouse sesuai desain di kelas X SMKN 8 Surabaya, 2. Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X SMKN 8 Surabaya saat menggunakan E-Modul pembuatan rok dan blouse sesuai desain. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan memakai pendekatan 4D model yang meliputi 4 tahap yakni Define, Design, Develop, serta Disseminate. Metode pengumpulan data menggunakan penilaian kelayakan E-Modul dan tes kinerja. Validator E-Modul yakni 2 orang meliputi ahli materi serta media. Metode pengolahan data memakai metode analisis deskriptif. Hasil penelitian mengatakan 1. Tingkat kelayakan E-Modul pembuatan pola rok dan blouse sesuai desain di kelas X SMKN 8 Surabaya berada pada kriteria sangat layak dengan indikator kelayakan 88%. 2. Hasil belajar siswa kelas X di SMKN 8 Surabaya saat menggunakan media pembelajaran E-Modul pembuatan pola rok dan blouse sesuai desain dinyatakan tuntas dengan tingkat ketutasan klasikal sebesar 90.2%.
E-Modules are self-study materials in electronic format in fashion design Vocational Schools which are arranged systematically into learning units to achieve learning objectives. The aims of this study are 1. To describe the feasibility level of the E-Module for making skirt and blouse patterns according to the design in class X SMKN 8 Surabaya, 2. To describe the learning outcomes of class X students at SMKN 8 Surabaya when using the E-Module to make skirts and blouses according to the design. This research is a development research using a 4D model approach which includes 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The data collection method uses an E-Module feasibility assessment and performance test. The E-Module validators are 2 people including material and media experts. The data processing method used descriptive analysis method. The results of the study say 1. The feasibility level of the E-Module for making skirt and blouse patterns according to the design in class X SMKN 8 Surabaya is in a very feasible criteria with a feasibility indicator of 88%. 2. The learning outcomes of class X students at SMKN 8 Surabaya when using the E-Modul learning media for making skirt and blouse patterns according to the design were declared complete with a classical mastery rate of 90.2%.