Studi Kepustakaan Penerapan Terapi Mindfullness Terhadap Masalah Psikologis Peserta Didik Usia Remaja
Literature Study of the Application of Mindfulness Therapy to the Psychological Problems of Teenage Students
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan penerapan terapi mindfulness terhadap masalah psikologis peserta didik usia remaja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan ialah metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini adalah tersusunnya kajian mengenai keberhasilan penerapan terapi mindfulness terhadap masalah psikologis peserta didik usia remaja, prosedur implementasi terapi mindfulness untuk mengatasi masalah psikologis peserta didik usia remaja, metode atau teknik terapi mindfulness untuk mengatasi masalah psikologis peserta didik usia remaja, ruang lingkup dan sasaran penerapan terapi mndfuness terhadap masalah psikologis peserta didik usia remaja, dan saran atau rekomendasi penerapan terapi mindfulness terhadap masalah psikologis peserta didik usia remaja. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terapi mindfulness merupakan salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah psikologis yang dialami peserta didik usia remaja. Dibuktikan dari hasil keefektifannya dalam berbagai penelitian yang dijadikan sebagai sumber kajian.
This study aims to examine and describe the application of mindfulness therapy to the psychological problems of adolescent students. This type of research used in this research is literature study. The data collection method used is the documentation method. While the data analysis technique used is content analysis. The results of this study are the compilation of studies on the successful application of mindfulness therapy to the psychological problems of adolescent students, procedures for implementing mindfulness therapy to overcome psychological problems of adolescent students, methods or techniques of mindfulness therapy to overcome psychological problems of adolescent students, the scope and objectives. application of mndfuness therapy to psychological problems of students, and suggestions or recommendations for the application of mindfulness therapy to psychological problems of adolescent students. From the research that has been done, it can be concluded that mindfulness therapy is an effort that can be used to overcome psychological problems experienced by teenage students. It is proven from the results of its effectiveness in various studies which serve as a source of study.