FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PAKAIAN BEKAS
FACTORS THAT INFLUENCE CONSUMER INTEREST TO BUY SECOND-HAND CLOTHING
Pakaian bekas sangat populer, khususnya di daerah perkotaan. Minat beli konsumen terhadap pakaian bekas sangat tinggi, hal ini berkaitan erat dengan gaya hidup masyarakat modern yang selalu mengejar prestige dan faktor range harga yang lebih terjangkau dengan kualitas pakaian bekas yang masih bagus. Gaya hidup yang tinggi sangat mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi barang, dari faktor gaya hidup sendiri akan berpengaruh juga terhadap kualitas dan harga produk yang ditawarkan, konsumen akan mempertimbangkan kembali kualitas dan harga dari produk tersebut. Minat pakaian bekas semakin tinggi karena adanya trend vintage terutama dikalangan remaja yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.. Studi literatur ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor – faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas. Studi literatur ini dilakukan menggunakan metode SLR (Systematic Literature review), dengan cara menganalisis beberapa riset yang berkaitan dengan topik penelitian ini untuk kemudian menyimpulkan hasil dari analisis beberapa jurnal tersebut. Hasil studi literatur ini menggambarkan bila minat beli konsumen terhadap pakaian bekas dipicu oleh sejumlah faktor, baik faktor internal ataupun faktor eksternal. Faktor internal mencakup pekerjaan dan gaya hidup, namun tidak berpengaruh secara signifikan . Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh akan minat beli konsumen terhadap pakaian bekas yaitu faktor sosial, kualitas dan harga. Faktor yang secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas yaitu harga dan kualitas.
Kata kunci : faktor internal, faktor eksternal, pakaian bekas, minat beli
Second-hand clothing are very popular, especially in urban areas. Consumers buying interest in second-hand clothing is very high, this is closely related to the lifestyle of modern society which always pursues prestige and a more affordable price range with good quality clothing. Lifestyles that greatly affect consumers in consuming goods, from lifestyle factors themselves will also affect the quality and prices of products offered, consumers will reconsider the quality and prices of these products. Interest in clothes is getting higher because of the vintage trend among teenagers which is influenced by several factors. This literature study aims to describe the factors that influence consumer buying interest in second-hand clothing. This literature study was conducted using the SLR (Systematic Literature review) method, by analyzing several researches related to the topic of this research and then concluding the results from several of these journals. The results of this literature study illustrate that consumer interest in clothing is triggered by a number of factors, both internal and external factors. Internal factors are included in the work and lifestyle, but do not have a significant effect. While the external factors that influence consumer buying interest in second-hand clothing are social factors, quality and price. Factors that significantly affect consumer buying interest in second-hand clothing are price and quality.
Keywords: internal factors, external factors, used clothes, buying interest