Pengembangan Model Pembelajaran Read Outline Discussion Evaluation (RODE) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa
Development of a Read Outline Discussion Evaluation (RODE) Learning Model to Facilitate Student Communication Skills
Arief Ertha Kusuma. 2022. Pengembangan Model Pembelajaran Read Outline Discussion Evaluation (RODE) untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa. Disertasi. Program Studi S3 Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Wasis, M. Si., Ko-Promotor: Prof. Dr. Endang Susantini, M. Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Read Outline Discussion Evaluation (Rode), Keterampilan komunikasi, Mahasiswa
Berkomunikasi secara efektif adalah komponen penting dari keterampilan hidup yang digunakan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berkomunikasi secara efektif menjadi salah satu tuntutan dan tantangan proses pendidikan pada era revolusi indutri 4.0 pada abad ke-21, dan fakta menunjukkan keterampilan berkomunikasi secara efektif masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran RODE yang layak untuk melatihkan keterampilan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan McKenney dengan tiga tahapan penelitian yaitu: 1) tahap studi pendahuluan meliputi analisis kebutuhan, studi pustaka, dan survei lapangan, 2) tahap perancangan prototipe model, validasi, revisi, dan ujicoba, 3) tahap pengujian model. Data penelitian dikumpulkan dengan instrumen validasi model dan perangkat pendukung model, lembar pengamatan, dan lembar penilaian keterampilan komunikasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model dan perangkat pendukung model memiliki validitas isi (relevancy) dan konstruk (consistency) yang sangat valid; (2) Keempat tahapan model yaitu Read, Outline, Discussion, dan Evaluation dapat terlaksana dengan baik dan dikategorikan praktis; dan (3) Model RODE efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, dilihat dari: ketercapaian semua indikator keterampilan komunikasi meningkat dengan kategori sedang dan tinggi, hasil uji statistik yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan komunikasi, dan adanya konsistensi peningkatan dari masing-masing kelas ujicoba luas, serta respon yang sangat positif terhadap pembelajaran model RODE. Jadi dapat disimpulkan bahwa model RODE layak karena memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa.
Arief Ertha Kusuma. 2022. Development of a Read Outline Discussion Evaluation (RODE) Learning Model to Facilitate Student Communication Skills. Dissertation. S3 Science Education Study Program, Postgraduate Program, Universitas Negeri Surabaya. Promoter: Prof. Dr. Wasis, M. Si., Co-Promoter: Prof. Dr. Endang Susantini, M. Pd.
Keywords: Learning Model Read Outline Discussion Evaluation (RODE), Communication Skills, Students
Effective communication is a crucial component of life skills for dealing with and solving difficulties in daily life. Effective communication skills are one of the demands and challenges of the educational process in the industrial revolution 4.0 era in the 21st century, and the facts show that effective communication skills are still low. This research aims to develop a suitable RODE learning model for students to improve their communication abilities. This research focuses on the McKenney development model, which has three stages: 1) requirements analysis, literature review, and field survey; 2) model prototype creation, validation, revision, and testing; and 3) model testing. Research data were collected with model validation instruments, model support devices, observation sheets, and communication skills assessment sheets and questionnaires. Techniques for data analysis employ quantitative and qualitative descriptive analysis. The findings revealed that: (1) the model and supporting tools for the model were very valid in terms of content (relevancy) validity and construct (consistency) validity; (2) the four stages of the model, namely RODE, can be carried out well and are classified as practical; and (3) the model and supporting tools for the model were very valid in terms of content validity (relevancy) and constructed validity (consistency). (3) The model effectively improves communication skills, as evidenced by the attainment of all communication skill indicators and its improvement in the medium and high categories. These statistical test results are significant for improving communication skills, the consistency of improvement across broad trial classes, and positive response. Furthermore, the learning of the RODE model is promising. As a result, the model is viable since it meets the legitimate, practical, and successful criteria for increasing students' communication skills.