Abstrak
Saifuddinir Rahmadi. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Rooselyna Ekawati, S.Si, M.Sc, Ph.D. and (II) Neni Mariana, S.Pd, M.Sc, Ph.D.
Kata Kunci: Literasi, Pembelajaran Matematika Realistik.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran materi keliling dan luas bangun datar kelas IV menggunakan model 4-D. Untuk mengetahui peningkatan literasi matematis siswa dilakukan implementasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Aspek valid terpenuhi karena hasil validasi perangkat yang dikembangkan menunjukkan valid dengan hasil validasi semua validator untuk setiap aspek minimal 3 dan setiap butir soal yang disusun telah memenuhi kriteria valid dengan nilai ≥0,40 reliabel dengan nilai 0,85 dan nilai sensitivitas setiap butir soal ≥ 0,40. Aspek kepraktisan terpenuhi karena skor penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran baik dan siswa terlibat aktif. Aspek keefektifan terpenuhi karena dari respon siswa positif dapat diketahui dari jumlah siswa yang memberikan respon positif ≥70% dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai sebesar 82%
Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika realistik, dilaksanakan implementasi untuk perangkat yang telah dikembangkan dan diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai sebesar 85%. Penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dalam kategori efektif. Aktivitas siswa dalam kategori aktif. Respon siswa positif dapat diketahui dari jumlah siswa yang memberikan respon positif ≥70%. Hasil N-Gain menunjukkan bahwa literasi siswa memperoleh nilai minimal 0,3 dengan kategori sedang yang artinya meningkat.
Abstract
Rahmadi, Saifuddinir. 2019. Development of Realistic Mathematics Learning Tools to Increase Student’ Literacy for Elementary School. Thesis, Basic Education Program, Postgraduate State University of Surabaya. Supervisors : (I) Rooselyna Ekawati, S.Si, M.Sc, Ph.D. and (II) Neni Mariana, S.Pd, M.Sc, Ph.D.
Keywords: Literacy, Realistic Mathematics Learning.
This study aims at produce an realistic mathematics learning to enhance students' mathematical literacy. The development of learning tools and extensive material Flat circumference grade IV using 4-D models. To find an increase in students' mathematical literacy be the implementation.
The results showed that the device mathematics valid criteria, practical, and effective. Valid aspects are met for the validation results show a valid device developed by the results of the validation of all validator for every aspect of a minimum of 3 and each item that has been prepared with a valid criteria ≥0,40 reliable value with a value of 0.85 and a sensitivity value of each item ≥ 0.40. Practicality aspects met due assessment scores of teachers in implementing the learning ability is good and students are actively involved. Aspects of effectiveness are met because of positive student responses can be seen from the number of students who give a positive response ≥70% and completeness of classical study have been achieved by 82%
To determine the effectiveness of realistic mathematics learning, carried out for the implementation of devices that have been developed and obtained in classical learning completeness has been achieved by 85%. Assessment ability of teachers in implementing effective instructional category. Student activity in the active category. Positive student responses can be seen from the number of students who give a positive response ≥70%. N-Gain Results showed that the literacy students obtain a minimum grade of 0.3 in the medium category, which means increased.