Berwirausaha merupakan salah satu cara seseorang untuk bekerja dan meniti karir untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang. Perkembangan pengguna instagram yang mencapai 2 milliar memberikan peluang untuk berwirausaha. Pengamatan yang dilakukan pada akun bisnis wirausaha pemula terdapat permasalahan yakni akun yang dibuat kurang efektif dan efesien dalam mempromosikan produk, itu terjadi karena kurang pengetahuan dan pengalaman. Sehingga tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku panduan Instagram Marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula yang memenuhi kriteria kelayakan. Penelitian ini merupakan penelitian riset dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model dari Borg and Gall (2008: 10) yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Variabel yang dikaji adalah unsur kelayakan (feasibility) yaitu kelayakan kegrafikan, kelayakan materi atau isi, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan penyajian. (Dekdikbud, 2007). Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian validator ahli materi menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (85,33%), penilaian validator ahli media menunjukan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (96,67%), dan menurut penilaian ahli praktisi menunjukkan kriteria “layak dengan predikat sangat baik” (85,64%), dengan rata-rata keseluruhan dari validator ahli menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (89,21%). Adapun hasil penilaian dari uji coba pengguna (wirausaha pemula) menunjukan kriteria penilaian “layak dengan pedikat sangat baik” (88%). Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka buku panduan instagram marketing sebagai sumber belajar wirausaha pemula memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan.
Kata kunci: Pengembangan, buku panduan, instagram marketing, wirausaha pemula
Becoming an entrepreneur is one of people's way to work and pursue the career for their future. The development of instagram user which reaches 2 billion gives the opportunity for entrepreneur. Observation in bussiness account for beginner entrepreneur told that the problem was the account was less effective and efficient to promote the product. It happened because of knowledge and experience lackness. So the aim of this research is to create the eligible Instagram Marketing Guidebook as learning resource for beginner entrepreneur. This research is Research and Development (R&D) using Borg and Gall models (2008: 10) which simplify by Tim Puslitjaknov. The variable in this research were the elements of feasibility, namely the feasibility of graphics, the feasibility of material or content, the feasibility of language and the feasibility of presentation (Dekdikbud, 2007). The result showed that Instagram Marketing Guidebook as learning resource for beginner entrepreneur met the eligible criteria. The assesment from material expert validator showed assessment criteria "competent with a very good predicate" (85,33%), the assessment from media expert validator showed assessment criteria "competent with a very good predicate" (96,67%), and based on the assessment from practitioner expert validator showed assessment criteria "competent with a very good predicate" (89,21%), the average of a whole expert validator showed assessment criteria "competent with a very good predicate" (89,21%). The assessment result from beginner enterpreneur trials showed assessment criteria "competent with a very good predicate" (88%). Based on the assessment results show that Instagram Marketing Guidebook as learning resource for beginner entrepreneur meet the eligible criteria and can be used.
Keywords: development, guidebook, instagram marketing, beginner entrepreneur