TANGGUNG JAWAB NEGARA ATAS PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN PADA ANAK TERLANTAR DI KOTA SURABAYA
STATE RESPONSIBILITY FOR FULFILLING THE EDUCATION RIGHTS OF FORWARDED CHILDREN IN SURABAYA CITY
Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis mengenai tanggung jawab negara atas pemenuhan hak pendidikan pada anak terlantar di UPTD KAN Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian normatif untuk permasalahan pertama, yakni inventarisasi peraturan perundang-undangan. Permasalahan kedua merupaakan penelitian yuridis empiris dengan menggunakan data primer maupun data sekunder. Berdasarkan hasil dan analisis bahwa tanggung jawab negara atas pemenuhan hak pendidikan pada anak terlantar pada dasarnya menjadi tanggungjawab bersama yaitu Pemerintah, Pemerintah Daerah dan masyarakat. Pemerintah daerah dalam penelitian penelitian ini yaitu melalui Dinas Sosial Kota Surabaya dalam melaksanakan sebagian tugas Dinas melalui UPTD KAN. Upaya UPTD KAN Kota Surabaya dalam melaksanakan pemenuhan hak pendidikan pada anak terlantar yaitu upaya preventif maupun upaya represif, namun demikian upaya tersebut masih belum berjalan secara efektif, hal ini dikarenakan minat belajar atau sekolah dari diri anak itu sendiri sangat rendah. Kurangnya sistem pengawasan di UPTD KAN juga sangat kurang dikarenakan sedikitnya pengawas. Selain itu kelengkapan administrasi anak-anak yang ada di UPTD KAN tidak lengkap dan tidak adanya identitas khusus bagi anak terlantar akan mempersulit dalam proses pendaftaran sekolah.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Negara, Hak Pendidikan, Anak Terlantar
The purpose of this study is to analyze the state’s responsibility for fulfilling the right to education for neglected children in UPTD KAN Surabaya. This research is a normative study for the first problem, namely the inventory of laws and regulations. The second problem is empirical juridical research using primary and secondary data. Based on the result and analysis that the state’s responsibility for fulfilling the right to education for neglected children is basically a shared responsibility of the government, regional government and public. The regional government in this research is through the Surabaya City Social Service in carrying out some of the Dinas’s tasks through UPTD KAN. Effort to up Surabaya City in implementing the fulfillment of the right of education to neclected children namely preventive and repressive effort, however these efforts are still not effective, this is because the interest in learning or schooling of the children themselves is very low. The lack of a supervisory system at the board is also very lacking due to the lack of supervisors. Other than that the completeness of the administration of children in UPTD KAN is incomplete and the absence of a special identity for neglected children will complicate the process of school registration.
Keywords: State Responsibility, Educational Rights, Homeless Child