ANTONIMI DALAM IKLAN PALL MALL : KAJIAN STILISTIKA LEKSIKAL
ANTONYMS IN PALL MALL ADVERTISING: STUDY OF LEXICAL STYLISTICS
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pilihan kata berbasis pada antonimi yang terdapat dalam iklan Pall Mall. Teks-teks pada iklan Pall Mall menunjukkan keunikannya sendiri. Pall Mall merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di banyak negara sehingga membutuhkan media untuk penyampaian kepada konsumen yaitu iklan. Didalam iklan Pall Mall terdapat satu stilistika yang memiliki konstruksi relasi makna yang unik. Tujuan dari konstruksi relasi makna tersebut tentu saja untuk menarik perhatin konsumen. Lebih jelasnya, stilistika yang tertera dalam iklan Pall Mall yaitu konstruksi relasi makna yang terkait dengan oposisi atau biasa disebut dengan antonimi. Penggunaan antonimi dalam iklan Pall Mall memiliki keunikan tersendiri. Bahkan didalam salah satu iklan Pall Mall tertera slogan bahwa oposisi menarik perhatian kita. Karena teks iklan Pall Mall merupakan suatu konstruksi kalimat elipsis, yang bagian-bagian unsur kalimat lainnya seperti subjek dan predikat tidak disertakan. Karena data asli merupakan kalimat elipsis, maka sebelum menganalisis bentuk antonimi atau oposisi, teks iklan Pall Mall dikembalikan menjadi kalimat lengkap yaitu dengan melalui proses parafrase. Hal ini disebabkan karena konstruksi kalimat berkaitan dengan konteks dan situasi komunikasi, tanpa memerhatikan konteks dan situasi komunikasi tuturan berkonstruksi elipsis memiliki kemungkinan menjadi multitafsir. teksteks tsb akan dianalisis menggunakan teori krifks Teori yang digunakan adalah teori antonimi oleh Krifka dan Ridwan serta teori pendukung yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Objek yang akan diteliti berupa enam teks iklan Pall Mall yang ditemukan dan diunduh melalui laman web. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa enam data yang dianalisis merupakan teks antonimi yang berupa lima data oposisi gradual atau graduelle Opposition yang memiliki tingkatan-tingkatan berbeda, antara lain tingkat positif, komparatif dan superlatif. Tingkatan-tingkatan perbandingan tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Pada tahap positif atau netral, menunjukkan dua hal memiliki kualitas yang sama. Tahap komparatif memiliki fungsi untuk membandingkan dua benda atau hal yang salah satunya memiliki sifat ‘lebih’ dari yang lain. Sedangkan tahap superlatif, hal yang dibicaran memiliki sifat ‘paling’ diantara hal yang lain. Selain itu, satu data merupakan oposisi direksional atau direktionale Opposition yang terkait dengan keterangan waktu atau temporale Adverbien.
Kata Kunci: Antonimi, Stilistika, Leksikal, Kalimat, Iklan
This study aims to analyze the stylistics or language styles contained in Pall Mall advertisements. Pall Mall is a multinational company based in many countries, so it requires media to deliver to consumers, namely advertisements. In the Pall Mall advertisement, there is a language style that has a unique meaning relationship construction. The purpose of the construction of the meaning relation is of course to attract the attention of consumers. More specifically, the style of language listed in the Pall Mall advertisement is the construction of meaning relations related to opposition or commonly referred to as antonymy. The use of antonymy in Pall Mall advertisements is unique. Even in one of the Pall Mall advertisements there is a slogan that the opposition attracts our attention. Because Pall Mall ad text is an ellipsis sentence construction, parts of other sentence elements such as subject and predicate are not included. Because the original data is an ellipsis sentence, before analyzing the form of antonymy or opposition, the Pall Mall ad text is returned to a complete sentence, namely by paraphrasing. This is because sentence construction is related to the context and situation of communication, without paying attention to the context and situation of speech with elliptical construction has the possibility to be multiple interpretations. The theory used is the antonymy language style theory by Krifka and Ridwan as well as other supporting theories. This research was conducted using a qualitative descriptive approach. The object to be studied is in the form of six Pall Mall ad texts that were found and downloaded via a web page. The results of the study showed that the six data analyzed were antonymy texts in the form of five gradual opposition data which had different levels, including positive, comparative and superlative levels. These levels of comparison have different functions. At the positive or neutral stage, it shows two things have the same quality. The comparative stage has a function to compare two objects or things, one of which has 'more' properties than the other. While the superlative stage, the thing that is being spoken has the 'most' character among other things. In addition, the last data is directional opposition or direktionale Opposition which is related to the temporal adverbs or temporale Adverbien.
Keywords: Antonymie, Stylistics, Lexical, Sentence, Advertisement