PENGGUNAAN METODE FORWARD CHAINING TERHADAP KETERAMPILAN BERPAKAIAN PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG
THE USE OF FORWARD CHAINING METHODS ON DRESSING SKILLS IN CHILDREN OF MODERATE MENTAL RETARDATION
Keterbatasan mengurus diri dalam keterampilan berpakaian ini sebagai upaya mencapai kemandirian sedang untuk kehidupan sehari-hari pada anak tunagrahita. Penggunaan metode forward chaining untuk penguasaan keterampilan berpakaian sebagai salah satu cara untuk intervensi pembelajaran. Tujuan penelitian dengan studi kepustakaan ini adalah mendeskripsikan pengaruh metode forward chaining teradap keterampilan berpakaian anak tunagrahita sedang. Metode penelitian literatur review dari buku, e-jurnal nasional dan international, serta prosiding internasional yang terindeks sebagai sumber perolehan data-data. Selanjutnya teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil review literatur menunjukkan bahwa penggunaan metode forward chaining dalam keterampilan berpakaian melalui penguasaan setiap langkah-langkah yang harus dilakukan secara berurutan, juga terlibatnya promt serta positive reinforcement telah efektif membantu anak tunagrahita sedang dalam keterampilan berpakaian, sehingga anak tunagrahita sedang dapat menjaga kebersihan, kerapian, dan mandiri dalam kegiatan sehari-harinya.
Kata kunci: forward chaining, berpakaian, tunagrahita sedang
The limitation of self-care in dressing skills is an effort to achieve moderate independence for daily life in mentally retarded children. The use of the forward chaining method for mastering dress skills as a way of learning intervention. The purpose of research with this literature study is to describe the effect of the forward chaining method on the dressing skills of children with moderate mental retardation. The research method is literature review from books, national and international e-journals, as well as indexed international proceedings as sources of data acquisition. Furthermore, the data analysis technique used descriptive qualitative analysis. The results of a literature review show that the use of the forward chaining method in dressing skills through mastery of each step that must be done sequentially, as well as the involvement of prompts and positive reinforcement have been effective in helping children with moderate mental retardation in dressing skills, so that moderately mentally retarded children can maintain cleanliness, tidiness, and independent in their daily activities.
Keywords: forward chaining, dress, moderate mental retardation