i
THE INFLUENCE OF DISCOVERY LEARNING MODEL WITH AUDIOVISUAL MEDIA ON THE LITERACY OF CHILDREN IN GROUP B OF TK DHARMA WANITA BULUS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan media audiovisual terhadap kemampuan literasi baca tulis anak kelompok B di TK Dharma Wanita Bulus. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent control group design. Subjek penelitian berjumlah masing-masing 12 anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Penelitian ini menggunakan interrater reliability dengan uji konsistensi Alpha Cronbach. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test menunjukkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,000, yang lebih rendah dari level signifikansi yang ditetapkan (0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (Ho) ditolak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai signifikansi pre-test eksperimen dan post-test eksperimen adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam kelompok eksperimen. Sedangkan, nilai signifikansi pre-test kontrol dan post-test kontrol adalah 0,463 > 0,05, yang menunjukkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan. Berdasarkan hipotesis yang diajukan, Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Discovery Learning dengan media audiovisual terhadap literasi anak dalam kelompok B di TK Dharma Wanita Bulus.
Kata kunci : Discovery Learning, Audiovisual, Kemampuan literasi baca tulis, anak usia dini
This research aims to determine the effect of Discovery Learning instructional model using audiovisual media on the reading and writing literacy skills of children in Group B at TK Dharma Wanita Bulus. The study adopts a quantitative research approach with a Quasi Experimental Design using a Non Equivalent control group design. The research subjects consist of 12 children each in the experimental group and the control group. Data collection is conducted through observation. Interrater reliability is utilized in this study with the Cronbach's Alpha test for consistency. The hypothesis testing results using the Paired Sample T-Test show a significance value (p-value) of 0.000, which is lower than the predetermined significance level (0.05). This indicates a significant difference between the pre-test and post-test scores in the experimental group. Therefore, the alternative hypothesis (Ha) is accepted, while the null hypothesis (Ho) is rejected.
The research findings indicate that the significance value for the pre- test and post-test in the experimental group is 0.000 < 0.05. This demonstrates a significant change in the experimental group. On the other hand, the significance value for the pre-test and post-test in the control group is 0.463 > 0.05, indicating no significant change. Based on the proposed hypothesis, Ha is accepted, and Ho is rejected. This means that there is a significant effect of the Discovery Learning instructional model using audiovisual media on the literacy skills of children in Group B at TK Dharma Wanita Bulus.
Keywords: Discovery Learning, Audiovisual, Reading and Writing Literacy, Early Childhood Education.