PENGGUNAAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK TUNARUNGU (SEBUAH STUDI LITERATUR)
THE USE OF MEDIA TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY IN DEAF CHILDREN (A LITERATURE STUDY)
Abstrak
Tujuan penelitian studi literatur ini adalah mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan penguasaan kosakata pada anak tunarungu. Kekurangan kosakata pada anak tunarungu menjadi hambatan dalam perkembangan bahasa dan bicara, perkembangan kognitif, maupun perkembangan sosial dan emosional. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu dalam peningkatan penguasaan kosakata pada anak tunarungu. Studi literatur ini dilakukan dengan mengumpulkan artikel dalam lingkup nasional dan internasional maupun prosiding internasional yang terindeks lalu dilakukan analisis. yang membahas tentang penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan kosakata pada anak tunarungu. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa media bergambar, media game edukasi, dan media interaktif bergambar dapat digunakan untuk meningkatkan kosakata pada anak tunarungu.
Kata Kunci: media pembelajaran, kosakata, tunarungu
Abstract
The purpose of this literature study is describing the use of learning media to increase vocabulary mastery in deaf children. Lack of vocabulary in deaf children becomes an obstacle in language and speech development, cognitive development, as well as social and emotional development. The use of learning media can help in increasing vocabulary mastery in deaf children. This literature study was carried out by collecting articles in national and international scope as well as indexed international proceedings and then analyzing them. which discusses the use of learning media to increase vocabulary in deaf children. The results show that the use of learning media in the form of pictorial media, educational game media, and illustrated interactive media can be used to increase vocabulary in deaf children.
Keywords: learning media, vocabulary, deaf